Karena Dianggap Defisit APBD 2018 Baik Jokowi Tak Akan Adakan APBD Perubahan


BOGOR -- Kemarin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mengabresiasi kabinetnya yang dinilai berjalan baik di Semester 1 APBN 2018. 

Namun menteri Keuangan Sri Mulyani justru memperkirakan APBN 2018 akan menjadi defisitnya 2,12 persen dari PDB atau dalam hal ini Rp 314 triliun lebih kecil dari tadinya yang diperkirakan Rp 325 triliun. 

Sebelumnya  Presiden Joko Widodo memang mengharapkan  agar  menjaga APBN 2018  defisit lebih rendah dari yang dari yang direncanakan  sebelumnya 2,19 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi 2,12 persen.

“Dari sisi outlook sekarang ini, kami memperkirakan APBN 2018 akan menjadi defisitnya 2,12 persen dari PDB atau dalam hal ini Rp 314 triliun lebih kecil dari tadinya yang diperkirakan Rp 325 triliun,” ungkap  Sri Mulyani kepada pemberita  usai Rapat Terbatas  membahas realisasi dan prognosis pelaksanaan APBN 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin kemarin . 

Sri Mulyani menambahkan, dalam  semester I APBN 2018 menunjukkan defisit  mengalami penurunan, bahkan yang disebut kesimbangan primer posisinya positif.

Ia juga menambahkan, untuk pertama kali sejak empat tahun terakhir realisasi defisit kita adalah Rp 110 triliun lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang posisinya capai Rp 175 triliun. 

"  hal ini menggambarkan bahwa pemerintah terus berusaha membuat APBN menjadi sehat, kredibel, terutama dikaitkan dengan pengelolaan utang," katanya, seraya mengatakan hasil semester I ini mengkonfirmasikan sekali lagi bahwa pemerintah sangat berhati-hati dan sangat prudent di dalam menjaga APBN 2018. 

Dengan kondisi ini postur APBN yang cukup baik dan tidak mengalami deviasi yang besar dari sisi jumlah penerimaan negara dan jumlah belanja negara dan defisitnya lebih kecil yang direncanakan,  sehingga Presiden Jokowi  menegaskan tidak akan melakukan APBN perubahan. (JNN/NAS).
Karena Dianggap Defisit APBD 2018 Baik Jokowi Tak Akan Adakan APBD Perubahan Karena Dianggap Defisit APBD 2018 Baik Jokowi Tak Akan Adakan APBD Perubahan Reviewed by Toni Octora on 00.28 Rating: 5