Wairwasum Polri Kunjungi Polres Kampar dalam rangka Kesiapan Penilaian Zona Integritas


BANGKINANG KOTA - Rabu siang (4/7/2018), Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso SH, MH didampingi Irwasda Polda Riau KBP Drs. Suwarno SH, Kapolresta Pekanbaru KBP Susanto SIK, MH, Kabag RBP AKBP Romel Hutagaol dan Irbid Ops AKBP Achmad Mamora SIK berkunjung ke Polres Kampar.

Rombongan Wairwasum Polri bersama Kapolres Kampar berangkat dari Pekanbaru menuju Polres Kampar menggunakan Helikopter Pt. Sinarmas dan mendarat di Lapangan Yonif 132/ Bimasakti dilanjutkan perjalanan darat menuju Polres Kampar.

Kedatangan Wairwasum Polri di Polres Kampar ini disambut seluruh Pejabat Utama Polres Kampar dan langsung melakukan peninjauan di ruang pelayanan SPKT, pada kesempatan ini Wairwasum Polri yang didampingi Irwasda Polda Riau bertatap muka dan memberikan asistensi kepada Ka SPKT serta personel lainnya yang sedang bertugas pada ruang pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu ini.

Salahsatu arahan Wairwasum Polri agar personel yang bertugas di SPKT sebagai pelayanan terdepan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan layanan yang ramah dan profesional serta bebas dari kegiatan pungli untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Selanjutnya Wairwasum Polri melakukan peninjauan di bagian pelayanan SKCK dan bertatap muka dengan masyarakat yang sedang mengurus SKCK, selain itu Wairwasum juga menanyai beberapa masyarakat yang sedang berurusan, terkait pelayanan yang diberikan oleh pihak Kepolisian termasuk biaya yang dipungut oleh petugas dalam pengurusan SKCK apakah sudah sesuai ketentuan atau tidak.

Usai pengecekan dibagian pelayanan SKCK, Wairwasum dan rombongan menuju ruang data untuk melakukan pertemuan dengan Para Pejabat Utama Polres Kampar sekaligus penyampaian arahan.

Pada kesempatan ini Wairwasum menyampaikan bahwa kedatangannya ke Polres Kampar adalah untuk mengecek secara langsung tindak lanjut terkait penilaian Zona Integritas dari Tim Penilai Internal, dimana Wairwasum adalah sebagai Ketua Tim Penilai Internal Zona Integritas dan Polres Kampar adalah salahsatu dari tiga Polres di Jajaran Polda Riau yang akan dinilai.

Lebih lanjut disampaikan Wairwasum Polri bahwa penilaian Zona Integritas ini meliputi pelayanan publik dijajaran Kepolisian yang terkait langsung dengan kinerja serta sikap mental personel dalam melayani masyarakat menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Sehubungan hal itu perlu perubahan mindsite serta keinginan yang kuat dari seluruh personel untuk berbuat dan bekerja lebih baik guna mewujudkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kepolisian.

Pada kesempatan berikutnya arahan dari Irwasda Polda Riau yang menyampaikan, bahwa penilaian ZI ini akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan personel melalui peningkatan tunjangan kinerja, apabila dalam penilaian nanti sudah memenuhi kriteria pencapaian WBK dan WBBM.

Untuk mewujudkan hal ini kita harus berani menerima fitback dari masyarakat sebagai tolok ukur kepuasan masyarakat, dan hal ini tidak bisa direkayasa karena tim penilai eksternal akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan survey dan menanyakan langsung kepada masyarakat secara acak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Untuk keberhasilan ini diperlukan niat serta keinginan yang kuat oleh semua personel serta dukungan dari masyarakat luas, agar tidak melakukan penyuapan kepada petugas Kepolisian sehingga ada perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

Kunjungan Wairwasum Polri dan rombongan di Polres Kampar berakhir pada pukul 14.45 wib, rombongan kembali ke Polda Riau menggunakan Helikopter dan lepas landas dari lapangan Yonif 132/ Bimasakti, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.



Laporan:Humas Polres Kampar.
Wairwasum Polri Kunjungi Polres Kampar dalam rangka Kesiapan Penilaian Zona Integritas Wairwasum Polri Kunjungi Polres Kampar dalam rangka Kesiapan Penilaian Zona Integritas Reviewed by Toni Octora on 08.34 Rating: 5