AMPHIBI Minta Ombudsman dan Inspektorat KLHK Audit Kinerja Dirjen GAKKUM, Dirjen PSLB3 dan Direktur Pengelolaan Sampah KLHK


JAKARTA- Pencemaran Lingkungan Hidup dari sampah dan bahan berbahaya dan beracun (B3) di Indonesia sudah di kategorikan Darurat.

Aksi yang di gelar beberapa hari lalu oleh lembaga Lingkungan Hidup Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup Dan B3 Indonesia (AMPHIBI) dalam rangka penutupan Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN AMPHIBI 2018) Membersihkan sampah di sungai Bok Legi Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Kegiatan selama 2 Jam yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dan pihak Dinas Kebersihan serta Aparat Angkayan Darat yang menggunakan 4 perahu nelayan berhasil mengangkut 8 Ton yg diangkut 2 Armada truck Colt Diesel Dinas Kebersihan Sidoarjo.

Berarti jika dalam waktu 2 jam terkumpul 8 Ton maka perjam nya sampah yang mrlintas di sungai Bok Legi sebanyak 4 Ton/jam nya,kalo dikali 24 Jam berapa ……Ton sampah ???? Yang akan menjadi timbunan sampah yang bermuara ke selat dan laut Madura dalam perhari.”ujar Agus Salim Tanjung So,si Ketua Umum AMPHIBI saat dijumpai di Kantor Pusat,Jumat (23/03/2018).

Disamping Melakukan Aksi perbaikan lingkungan Bersih Sampah di kali Vok Legi,aktifis Lingkungan AMPHIBI Jawa Timur yang diketuai Samsul Hadi So dan DPP AMPHIBI Ketua Umum Agus Salim Tanjung So,Si, juga melakukan peninjauan pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dilokasi bekas galian C Kabupaten Pasuruan dan ternyata Pembuangan Limbah B3 tersebut telah meresahkan masyarakat Kabupaten Pasuruan sekitarnya.

Menyingkapi hal tersebut, AMPHIBI meminta dan mendesak OMBUDSMAN dan INSPEKTORAT KLHK melakukan Audit kinerja kerja Dirjen GAKKUM, Dirjen PSLB3 dan Direktur Pengelolaan Sampah KLHK dengan segera turun kelapangan untuk meninjau secara langsung karena pengawasan dan penindakan dari KLHK sepertinya tidak berjalan.”Tegas Ketum AMPHIBI.

Jawa Timur Khususnya sudah menjadi daerah darurat sampah dan B3,kalau dibiarkan saja apa jadinya negara kita ini ???? Saat ini pun kami sudah sangat kesulitan air bersih,Apakah rakyat harus terus mengeluarkan uang untuk membeli air bersih.” Tegas Samsul Hadi So.




Rilis: DPP Awan Pers
AMPHIBI Minta Ombudsman dan Inspektorat KLHK Audit Kinerja Dirjen GAKKUM, Dirjen PSLB3 dan Direktur Pengelolaan Sampah KLHK AMPHIBI Minta Ombudsman dan Inspektorat KLHK Audit Kinerja Dirjen GAKKUM, Dirjen PSLB3 dan Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Reviewed by Redaksi on 21.30 Rating: 5