Ketua LBH Ananda dan Fartners Lakukan Penyuluhan Hukum Kepada Warga



ROKAN HILIR - Setiap orang sebagai subjek hukum haruslah diperlakukan sama di hadapan hukum tanpa memandang apapun latar belakangnya. Hukum haruslah ditegakkan walaupun esok bumi runtuh itulah adagium di dalam hukum.

Demikian, kata-kata pembukaan yang disampaikan Fitriyani, Ketua LBH Ananda dan Fartners saat memberikan materi penyuluhan Hukum di Kepenghuluan Sungainyamuk, Kecamatan Sinaboi, Rohil, Rabu (26/9/18) siang.

Selama ini, lanjutnya, dalam praktik dunia hukum masyarakat miskin dan tindak mampu masih termajinalkan secara sosial, hukum dan kultural. Mereka yang notabene adalah sebagian besar masyarakat Indonesia, ketika berhadapan dengan hukum selalu enggan untuk menyewa advokat dengan alasan biaya atau honorarium yang terlalu mahal.

Namun beberapa undang-undang seperti Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Avokat, dan undang-undang nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum, dimana undang-undang tersebut mewajibkan bagi aparat penegak hukum untuk menunjuk advokat atau penasehat hukum bagi masyarakat miskin.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita untuk masyarakat, agar kedepan tidak lagi takut-takut untuk menyewa advokat karena alasan biaya atau honorarium yang mahal," ujar Fitri, saat dikonfirmasi awak media ini.

Pantauan dilapangan, antusias warga sungai nyamuk sangat tinggi, bahkan diantara mereka tidak segan-segan untuk melakukan sesi tanya jawab tentang hukum. Masyarakat juga berharap dengan adanya penyuluhan hukum ini mereka terbantu dalam proses perkara yang dihadapi, dan meminta agar penyuluhan hukum dilakukan diberbagai penghuluan yang ada dikecmatan sinaboi.





Sumber: Memed. 
Ketua LBH Ananda dan Fartners Lakukan Penyuluhan Hukum Kepada Warga Ketua LBH Ananda dan Fartners Lakukan Penyuluhan Hukum Kepada Warga Reviewed by Redaksi on 04.32 Rating: 5