Ridwan Kamil Akan Sulap Kalimalang Seperti Sungai Seoul Korea Selatan

BEKASI- Beragam respon masyarakat Kota Bekasi, menanggapi rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, untuk menyulap kawasan Kalimalang, Kota Bekasi, menjadi destinasi wisata, seperti  sungai  di Seoul, Korea Selatan.
Rencana yang baru disampaikan melalui unggahan di media sosial instagram tersebut beroleh respon beragam dari warga Kota Bekasi. Ridwan menulis dan mengunggah empat foto berlatar belakang sungai.
Dua foto merupakan tampilan Sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan sebelum dan sesudah mengalami revitalisasi. Kemudian dua foto yang disandingkan di bagian bawahnya ialah gambaran kondisi aliran Kalimalang di Kota Bekasi yang memiliki kemiripan dengan Singai Cheyonggyecheon.
Di bawah foto, Ridwan menuliskan keterangan seputar rencananya merevitalisasi Kalimalang dengan menyiapkan desain mulai pekan depan.
“Warga Kota Bekasi tercinta, minggu depan sudah dimulai desain dan perencanaan revitalisasi Kali Malang. Semoga bisa sekeren Sungai Cheyonggyecheon di Seoul,” kata Emil dalam unggahannya, Rabu (12/9/2018).
Conky, warga Margahayu, Bekasi Timur, mengaku tidak sabar menanti rencana itu,”Mudah-mudahan gebrakan Gubernur baru membanggakan warga Kota Bekasi,” katanya, sambil  mengutakan harapan rencana tersebut terwujud.
Sungai Cheyonggyecheon yang menjadi acuan Ridwan dalam merevitalisasi Kalimalang memperlihatkan metamorfosa dari sebuah aliran kali yang melintasi perkotaan berhasil menjelma menjadi destinasi wisata favorit warga sekitar.
Sementara itu, Puarman, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas-Cileungsi berharap rencana revitalisasi Kalimalang bisa memacu keseriusan pemerintah daerah dalam pembenahan sungai secara masif.
“Air Kalimalang relatif jernih karena sumbernya dari Jatiluhur, sehingga lebih mudah untuk dijadikan sungai wisata,” katanya.
Menurut Puarman, saat ini ada sedikitnya tiga aliran sungai yang masih bermasalah dengan kontaminasi limbah industri, yakni Kali Bekasi, Sungai Cileungsi, dan Sungai Cikeas.
Puarman berharap, komitmen Ridwan Kamil dalam membenahi Kalimalang bisa menjadi pemicu pembenahan sungai secara besar-besaran, termasuk di Kali Bekasi, Sungai Cileungsi, dan Sungai Cikeas.
Pihaknya juga akan ambil bagian dalam gerakan peduli sungai dengan menggelar agenda ‘Bersih-Bersih Sungai’ secara serentak di seluruh Indonesia pada Oktober 2018.



Sumber: Poskotanews.com
Ridwan Kamil Akan Sulap Kalimalang Seperti Sungai Seoul Korea Selatan Ridwan Kamil Akan Sulap Kalimalang Seperti Sungai Seoul Korea Selatan Reviewed by Redaksi on 21.36 Rating: 5