Ustad Samsul Hilal: Berbuat Baiklah Kepada Orang Yang Lemah


Assalamu’alikum warohmatullah wabarokatuh. 

Kali ini saya Ustad H.Samsul Hilal akan bertausiah tentang "Berbuat Baiklah Kepada Orang Yang Lemah"


Rasulullah saw bersabda, “Bantulah orang-orang lemah, kerana kalian diberi rezeki dan ditolong lantaran orang-orang lemah di antara kalian.” (Muslim dan An-Nasa`i).


Termasuk di antara kunci-kunci rizki adalah berbuat baik kepada orang-orang miskin. Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam menjelaskan bahwa para hamba itu ditolong dan diberi rizki disebabkan oleh orang-orang yang lemah di antara mereka.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’d Radhiallaahu anhu ia berkata, ‘Bahwasanya Sa’d Radhiallaahu anhu merasa dirinya memi-liki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda:

“Bukankah kalian ditolong dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah di antara kalian?”

Karena itu, siapa yang ingin ditolong Allah dan diberi rizki olehNya maka hendaknya ia memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka.”

Nabi yang mulia, Shallallaahu alaihi wa Salam juga menjelaskan bahwa keridhaan-nya Subhannahu wa Ta'ala dapat diperoleh dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin.

Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Darda’ Radhiallaahu anhu bahwasanya ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda:

Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian.”

Menjelaskan sabda Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam di atas Al-Mulla Ali Al-Qari berkata, ‘Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin di antara kalian.’

Dan barangsiapa berusaha mendapatkan keridhaan kekasih Yang Maha Memberi rizki dan Maha Memiliki kekuatan dan keperkasaan, Muhammad Shallallaahu alaihi wa Salam dengan berbuat kepada orang-orang miskin, niscaya Tuhannya akan menolongnya dari para musuh serta akan memberinya rizki.


Wassalamu 'alaikum warohmatullah wabarokatuh.



Demikianlah tausiah saya, lebih dan kurang saya mohon maaf.

Tausiah: Ustad H.Samsul Hilal.
Bagi Masyarkat, Pemerintah, TNI, POLRI, Perusahaan BUMN, BUMD, Swasta, yang ingin mendengarkan tausiah H.Samsul Hilal secara langsung silahkan hubungi Manager nya, Gunawan.R, No Hp: 081365695467.
Ustad Samsul Hilal: Berbuat Baiklah Kepada Orang Yang Lemah Ustad Samsul Hilal: Berbuat Baiklah Kepada Orang Yang Lemah Reviewed by Redaksi on 19.44 Rating: 5