Ketua DPR RI Tegaskan Kepada Polisi dan KLHK Usut Tuntas Kasus illegalloging


JAKARTA- Ketua DPR  RI Bambang S, tegaskan agar Pihak kepolisian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) harus mengusut tuntas kasus illegalloging atas ditangkapnya tertangkapnya sembilan belas pembalak liar di hutan Desa Segamai-Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Selain itu juga Satgas Karhutla untuk meningkatkan pengawasan terhadap kawasan perhutanan, baik melalui darat, laut, maupun  udara. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kepada Awak media baru ini, Jumat 12 Oktober 2018.

Guna menyikapi pengungkapan yang dilakukan oleh Polda Riau tersebut lembaga Peradilan untuk segera mengeksekusi kasus pembalakan maupun pembakaran hutan dan lahan yang di Provinsi Riau Umumnya, Kab Pelalawan pada khususnya yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, guna memberikan efek jera bagi pelaku dan pem Bek Uap  pembalak dan pembakaran hutan dan lahan liar” tegas Bamsoet.

Selain itu Bamsoet juga menghimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif untuk mengawasi hutan Desa dengan melaporkan kepada aparat berwenang apabila menemukan tindakan pembalakan liar dan kerusakan hutan di Desa mana pun yang ada.

Selain wartawan konfirmasi sama Ketua DPR RI, wartawan awak media ini juga memintai keterangan  Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Susanto,  katanya Sebelum diberitakannya bahwa Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Riau menyita sebanyak 52,8 ton kayu ilegal jenis Meranti. Kayu hutan ini memiliki nilai jual sangat tinggi ditangkap di semenanjung Kampar, Kabupaten Pelalawan.

Menurut informasi dari Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Susanto Kamis (11/10/2018),  Angkat bicara " Toh " telah menangkap 19 orang tersangka dalam kasus tersebut.

Menurut Susanto, selain menyita kayu jenis Meranti keras dengan nilai puluhan juta rupiah tersebut, juga turut disita satu unit kapal tradisional bermesin atau pompong, sampan dan peralatan penebang hutan seperti “Chainsaw” dan parang, Katanya.

Pengungkapan ini terang Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Susanto, hasil penyelidikan dari empat laporan kepolisian Ditreskrimsus Polda Riau.

Katanya kayu yang telah diolah menjadi lempengan papan dan balok tersebut disita di dalam kanal perusahaan konsesi HTI, PT SPA, Kabupaten Pelalawan.

Selain itu saya selaku Humas Polda Riau juga menghimbau kepada seluruh Elemen Baik Masyarakat, maupun Elemen lainnya agar mengantisipasi dan melaporkan bila hutan dilingkungan saudara ditebang dan di olah oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk dicegah dan dilaporkan kepada pihak berwajib, tidak ada alasan di Back Uap oknum mana pun, Himbaunya Susanto.







Sumber: Bidikkasusnews.com
Ketua DPR RI Tegaskan Kepada Polisi dan KLHK Usut Tuntas Kasus illegalloging Ketua DPR RI Tegaskan Kepada Polisi dan KLHK Usut Tuntas Kasus illegalloging Reviewed by Redaksi on 19.06 Rating: 5