PN Rohil Tolak PK Terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro


ROKAN HILIR- Pengadilan Negeri Rokan Hilir menggelar Sidang Permohonan Peninjuan Kembali (PK) Terhadap Terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro dalam pokok perkara Kebakaran Lahan di Areal PT.JJP, Rabu 10/10/2018,Pukul 15.15 Wib.

Sedangkan dalam Permohonan Peninjuan Kembali (PK) Terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro melalui Penasehat Hukumnya memohon kepada Majelis Hakim untuk Menerima Permohonan PK tersebut, dan selanjutnya agar diteruskan kepada Mahkamah Agung RI,karena ada masalah Kemanusiaan, Keadilan dan Kebenaran yang perlu ditegakkan dalam perkara tersebut sebagaimana tertuang dalam Bukti Novum yang akan diajukan berupa Putusan Pengadilan Negeri Cibinong Nomor: 215/Pdt.G/2017/PN.

Cbi dalam perkata antara PT.Jatim Jaya Perkasa (PT. JJP) dengan Tergugat DR. Ir. Basuki Wasis, M.Si selaku Ahli Kerusakan Tanah Dan Lingkungan dari Institut Pertanian Bogor,dimana dalam Putusan Pengadilan Negeri Cibinong itu Basuki Wasis Sebagai Ahli Kerusakan Tanah Dan Lingkungan dari IPB Bogor mengakui tidak pernah melakukan Penelitian atas sample tanah bekas terbakar milik PT. JJP di Laboratorium yang sudah terakreditasi,bahkan BW juga mengakui dimana Laboratorium Pengaruh Hutan IPB Bogor tidak dapat melakukan pengujian terhadap Sifat Biologi Tanah khusuanya Mikroorganisme, Fungi dan Respirasi dan didalam Putusan tersebut BW secara jelas menyatakan bahwa pada peristiwa kebakaran hutan dan lahan milik PT. JJP di bulan Juni 2013 tersebut Tidak Terjadi Kerusakan Lingkungan Hidup.

Dengan berdasarkan Putusan inilah Terpidana Mengajukan PK.Karena Penasehat Hukum Terpidana Berman Limbong. SH. MH meyakini, bahwa yang menjadi permasalahan utama sengketa lingkungan hidup adalah TERJADINYA KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP, dengan demikian Bilamana Ahli Kerusakan Tanah dan Lingkungan Hidup pada perkara ini menyatakan Tidak Terjadi Kerusakan Lingkungan Hidup, maka secara hukum peristiwa tersebut BUKANLAH TINDAK PIDANA, oleh karenanya tidak perlu ada yang harus dijadikan sebagai Terpidana dan/atau Pelaku Tindak Pidana.

Sebelum dibacakan Putusan Sidang.Majelis Hakim meminta Skorsing Sidang untuk mempertimbangkan dan Musyawarah dalam mengambil Putusan. Hampir 2 Jam Sidang dilanjutkan kembali pada Pukul 17.20 Wib.Dalam Penetapan Majelis Hakim yang dibacakan oleh Hakim Ketua Rudi Ananta Wijaya. SH. MH Lig Permohonan Peninjuan Kembali (PK) Terpidana Kosman Vitoni Emanuel Siboro di Tolak.

Saat diwawancarai Awak Media Penasehat Hukum Terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro setelah selesai sidang mengatakan dalam Permohonan PK mengacu Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2012 Mensyaratkan Permohonan PK bisa dilakukan Terpidana atau Ahli Warisnya.Faktanya Akta Permohonan PK ini diajukan sendiri dan ditanda tangani sendiri olehTerpidana (artinya sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh KUHAP dan SEMA tersebut) Ujar Penasehat Hukum Berman Limbong. SH. MH.

Menurut Penasehat Hukum Berman Limbung. SH. MH SEMA bukanlah Sumber Hukum tapi Yurisprudensi merupakan sumber hukum,oleh karenanya sebagaimana Yurisprudensi putusan MA Nomor 97/Pk/Pid/2013 dalam permohonan Pk Sujono Timan,ketika itu yang mengajukan Pk adalah istrinya yang dianggap ahli waris,padahal selama seseorang masih hidup,belum berlaku istilah ahli waris.Selama persidangan terpidana tidak pernah hadir,namun permohonan Pk nya diterima oleh MA diputus bebas.

Jadi,sesungguhnya SEMA nomor 1 Tahun 2012 secara mutatis dan mutadis telah teranulir dengan Yurisprudensi putusan MA tersebut.Artinya jajaran majelis hakim pun tidak konsisten dengan SEMA tersebut (tebang pilih).Penasehat hukum terpidana berpesan kepada semua pihak,MA,MH,Jpu,Kementrian Lho RI,kalau memang pada putusan pidana nomor 72/Pid.Sus/2015/PN Rohil (lingkungan hidup) ada kesalahan,mengapa kita semua tidak mau mempergunakan mata hati nurani kita,karena harus mengorbankan terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro,selalu Asisten Kepala di Pt.Jjp untuk bertanggungjawab atas peristiwa kebakaran tersebut,"kenapa bukan GM dari perusahaan,atau Direktur Utama Hakim Gozali,ada apa dengan lembaga peradilan ini,"tegasnya.




Penulis: Toni Octora. 
PN Rohil Tolak PK Terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro PN Rohil Tolak PK Terpidana Kosman Vitoni Imanuel Siboro Reviewed by Toni Octora on 23.10 Rating: 5