Ustad Samsul Hilal: Bakti‬‬ Pada Kedua Orang Tua


Assalamu’alikum warohmatullah wabarokatuh. 

Kali ini saya Ustad H.Samsul Hilal akan bertausiah tentang "Berbuat Baiklah Kepada Orang Yang Lemah"


Salah satu ibadah teragung di dalam Islam setelah mentauhidkan Allah adalah berbakti kepada orang tua. ALLAH SWT berfirman. "Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.

Bersyukurlah kepada-ku dan kepada dua orang ibu-bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu” (QS Luqman, 31:14)

‪‎Ingatlah bahwa, ridholloohi fii ridhol walidaini, wa sakhotullohi fii sakhotil waalidaini. Keridhaan Allah ada pada keridhaan kedua orang tua, dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan orang tua. (HR. Tirmidzi).

‪‎Alloh yang Maha Bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Bahkan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua dalam Al Qur’an digandengkan dengan perintah untuk bertauhid sebagaimana firman-Nya, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah:

‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.’” (Qs.Al Isro’: 23).

Dalam hadits Abi Bakrah, Rosullah SAW bersabda: “Maukah kalian aku beritahukan dosa yang paling besar ?” para sahabat menjawab, “Tentu.” Nabi bersabda, “(Yaitu) berbuat syirik, duraka kepada kedua orang tua.” (HR. Al Bukhori).

Wassalamu 'alaikum warohmatullah wabarokatuh.



Demikianlah tausiah saya, lebih dan kurang saya mohon maaf.


Tausiah: Ustad H.Samsul Hilal.
Bagi Masyarkat, Pemerintah, TNI, POLRI, Perusahaan BUMN, BUMD, Swasta, yang ingin mendengarkan tausiah H.Samsul Hilal secara langsung silahkan hubungi Manager nya, Gunawan.R, No Hp: 081365695467.
Ustad Samsul Hilal: Bakti‬‬ Pada Kedua Orang Tua Ustad Samsul Hilal: Bakti‬‬ Pada Kedua Orang Tua Reviewed by Redaksi on 23.04 Rating: 5