Diduga PT.BSS Membobol Waduk Tempat Sirkulasi Limbah dan Mengalir Ke Ladang Warga



ROKAN HILIR- Baru-baru ini pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan surat peringatan yang ke 2. Kali ini PT BSS Kembali melakukan kegiatan yang dinilai merugikan warga dan alam.

Tepat pada Senin pagi kemaren, PT BSS diduga membobol secara sengaja waduk tempat sirkulasi limbah dari hasil olahan PKS.

Diketahui, sanksi yang diterima oleh PT BSS dari DLH Rohil masih dalam tahap proses. Meski seharusnya tahapan sanksi berjalan, pihak PT BSS terus beroperasi bekerja seperti biasavdan terkesan mengindahkan saksi tersebut.

Seharusnya, menurut peraturan yang berlaku, pihak PT BSS menghentikan aktifitas kegiatannya selama masa proses perbaikan dari sanksi yang diberikan oleh pihak DLH Rohil.

Saat dikonfirmasi Kadis DLH Rohil, Suwandi, baru-baru ini membenarkan adanya sanksi untuk PKS PT.BSS atas aduan pihak Sekolah SD dan warga sekitar karena diresahkan oleh bau limbah yang terjadi kapan saja.

"Ini SP ke 2 yang diberikan, masa tenggang waktu 3 Bulan, sanksi pertama juga hal yang serupa terkait keluhan warga akan bau limbah," jelas Suwandi, baru-baru ini.

Pantauan awak media dilapangan, tepat Senin pagi terlihat disalah satu waduk limbah PT.BSS diduga sengaja dibobol untuk membuang debit air yang cukup banyak karena dalam beberapa hari ini intensitas curah hujan cukup tinggi.

Namun, warga sangat menyayangkan karena waduk tersebut sibongkar airnya mengaliri ladang warga. Jelas warga sangat diresahkan, apa itu air limbah atau tidak, yang jelas air tersebut membawa aroma busuk.

Menurut Ani (42) warga kepenghuluan Bangko Sempurna, kecamatan Bangko Pusako, Selasa (13/11/18) mengatakan bahwa limbah tersebut mulai dialirkan ke sungai alam berkisar pukul 08.00 wib hingga saat berita dirilis aliran limbah masih mengalir kesungai.

"Saya akan menuntut kerugian yang ditimbulkan akibat dari limbah yang membanjiri lahan sawit saya, yang terletak tepat dibelakang waduk limbah PT BSS," kata Ani.

Desrizal warga kepenghuluan Bangko Lestari saat mengetahui ada limbah yang dialirkan ke aliran sungai alam, ia langsung menghubungi manager PT BSS.

"Manager PT BSS mengaku bahwa semua itu masih dalam proses pengerjaan, dan saya jawab kalau dalam pengerjaan ya berhentikan dulu juga pengolahan pabrik dan setelah selesai baru silahkan beroperasi kembali," jelas Desrizal.

Desrizal juga melanjutkan setelah ia mengatakan hal tersebut, manager PT BSS terdiam dan langsung mengajaknya bertemu dilapangan, yang sekarang sedang berlangsung pengaliran limbah PT BSS kesungai alam.

"Ini tidak bisa dibiarkan, apapun kejadian itu pihak PT BSS masih masa sanksi dari DLH Rohil, seharusnya pihak PT BSS mentaati dan mengerjakan poin-poin sanksi yang diterima. Dan pihak DLH seharusnya monitoring sudah sejauh mana sanksi tersebut dijalankan," geram Desrizal. 

Lanjutnya,"Dan seharusnya pihak DLH harus mengutamakan keluhan-keluhan warganya. Karena sejatinya, kehadiran perusahaan untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat." tegas Desrizal. 




(TIM) 
Diduga PT.BSS Membobol Waduk Tempat Sirkulasi Limbah dan Mengalir Ke Ladang Warga Diduga PT.BSS Membobol Waduk Tempat Sirkulasi Limbah dan Mengalir Ke Ladang Warga Reviewed by Redaksi on 02.38 Rating: 5