Pemuda Relawan Peduli Masyarakat Sei Lumut Bersama Media Datangi PT.CSM Pertanyakan CSR dan Plasma



LABUHAN BATU- Beberapa orang Tokoh Pemuda yang mengatasnamakan Pemuda Relawan Peduli Masyarakat yang dipimpin Samsir selaku Ketua Penanggung Jawab Dilapangan beserta 2 Pemuda lainnya bersama Isprayoto selaku Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sei-Lumut Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara mendatangi Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT.Citra Sawit Mandiri (CSM).

Kedatangan para Pemuda dan Wakil Ketua BPD Sei-Lumut ini juga turut didampingi oleh Pimpinan Umum Media EraPublik.com guna mempertanyakan kontribusi PT.CSM berupa Corporate Social Responsibility (CSR) dan Plasma sebesar 20% dari luas Lahan yang dikelola PT.CSM yang diduga hingga kini tidak direalisasikan oleh PT.CSM tersebut. 

"Kedatangan kami ke perkebunan PT.CSM ini guna mempertanyakan tentang CSR dan Plasma sesuai dengan Undang-undang Lingkungan Hidup dan Peraturan Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Republik Indonesia serta Peraturan Presiden Tahun 2013," ungkap Samsir yang disapa akarab Ucok, Kamis (15/11/2018).

Menurut keterangan Ketua Penanggung Jawab Dilapangan Ucok menjelaskan, bahwa sebagian Lahan Perkebunan Kelapa Sawit yang dikelola oleh PT.CSM diduga luasnya mencapai 550 Hektare (Ha). Dan lahan tersebut dibeli Pihak Management PT.CSM pada Tahun 2007, sehingga sebagian lahan Perkebunan PT.CSM tersebut masuk ke wilayah Desa Sei-Lumut. 

"Nah luas lahan 550 Hektare tersebut dibeli oleh pihak PT.CSM kepada masyarakat Desa Sei-Lumut pada Tahun 2007 lalu. Dan kini sudah 11 Tahun berlalu," ungkap Ucok lagi.

Disamping itu ditambah oleh Wakil Ketua BPD Isprayoto, bahwa selama berdirinya Perkebunan Kelapa Sawit PT.CSM yang sebagian Lahannya masuk ke wilayah Desa Sei-Lumut, dalam sepengetahuannya dirinya tidak pernah mendengar dan melihat adanya realisasi CSR dan Plasma dari PT.CSM tersebut.

"Saya sudah lama di Desa Sei-Lumut ini, dan juga saat ini saya selaku Wakil Ketua BPD Sei-Lumut, belum pernah mendengar dan melihat pihak PT.CSM memberi bantuan apapun baik berbentuk CSR dan Plasma kepada masyarakat Desa Sei-Lumut," ungkap Isprayoto.

Ditambah Mas Saputra selaku Koordinator Penanggung Jawab Pemuda Relawan Peduli Masyarakat Dilapangan, bahwa dirinya dan rekan-rekan Pemuda lainnya sudah mendatangi masyarakat Desa Sei-Lumut mempertanyakan apakah sudah pernah menerima bantuan CSR dan Plasma dari PT. CSM tersebut.

"Hampir keseluruhan masyarakat Desa Sei-Lumut kami tanyakan, masyarakat tidak pernah menerima bantuan apapun dari pihak PT.CSM. padahal secara undang-undang dan Peraturan Presiden, bahwa setiap Perusahaan baik Perkebunan wajib mengeluarkan CSR dan Plasma sebesar 20% dari luas lahan mereka," ungkap Putra.

"Untuk itulah, kami dari Pemuda Relawan Peduli Masyarakat dan Wakil Ketua BPD Sei-Lumut membuat pengaduan kepada Pimpinan Umum Media EraPublik.com untuk membantu kami dalam permasalahan ini, dan kami sudah membuat surat pengaduan kepada Pimpinan Umum Media EraPublik.com agar mengusut tuntas permasalahan ini," imbuh Mas Saputra. 

Disambung Ucok,"Hari ini (15/11/2018) kami mendatangi PT.CSM guna mempertanyakan hal tersebut, namun sangat disayangkan kami tidak bisa masuk ke kantor Management PT.CSM bertemu dengan pihak Management perusahaan, kami berhenti di Pos Security sebelum masuk ke area perkantoran mereka, dan petugas Security tersebut menghubungi atasannya dan diberikan Handpone nya kepada Pimpinan Umum Media EraPublik.com," gumam ucok.


Lanjutnya,"Dari hasil pembicaraan Mhd.Budianto Pimpinan Umum Media EraPublik.com kepada Budiman Siagian yang mengaku selaku Koordinator Security PT.CSM, bahwa pihak PT.CSM sedang ada Audit, namun Audit dalam hal apa belum jelas. Berhubung kami tidak bisa bertemu dengan pihak Management PT.CSM, maka kamipun bersama BPD dan Pimpinan Umum Media EraPublik.com menitipkan Surat Konfirmasi kepada Security penjaga Pos depan yang bernama Sofwan." tandas Samsir selaku Ketua Penanggung Jawab Dilapangan.





(Red)
Pemuda Relawan Peduli Masyarakat Sei Lumut Bersama Media Datangi PT.CSM Pertanyakan CSR dan Plasma Pemuda Relawan Peduli Masyarakat Sei Lumut Bersama Media Datangi PT.CSM Pertanyakan CSR dan Plasma Reviewed by Redaksi on 20.44 Rating: 5