Sarwo Edi Subowo Apresiasi tindakan Pemkab Serdang Bedagai yang menutup galian C merusak Lingkungan


Sergai (EraPublik.com)- Sarwo Edi Subowo (Ketua Lembaga Lingkungan Hidup AMPHIBI) Serdang Bedagai sangat mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup yang telah menutup galian C dikecamatan Sipispis yang merugikan masyarakat banyak dan mencemari lingkungan.

Pada dasarnya kami sangat mendukung usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terkhusus yang merekrut tenaga kerja. Perekonomian meningkat,  pengangguran berkurang.

Tetapi dalam menjalankan usaha tersebut,  hendaknya pengusaha harus mengkaji terlebih dahulu pencemaran atau kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

Kita ingin membuka lapangan pekerjaan,  tetapi janganlah merugikan masyarakat sekitar.

Harapan kami dari Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (AMPHIBI) Kabupaten Serdang Bedagai kepada pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai. Janganlah tindakan tersebut hanya dilaksanakan di Kecamatan Sipispis saja.  Tetapi didaerah lain harus ditertibkan juga.  Seperti galian C yang terdapat didesa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu. Pembukaan usaha tambak Udang yang merusak bibir pantai yang berada di desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Pengrusakan hutan mangruve yang ada di Kecamatan Pantai Cermin dan lain - lain.

Jika Pemerintah Kabupaten membela kepentingan rakyat, maka masyarakat akan mendukungnya,  dan siap bersama-sama memajukan Kabupaten Serdang Bedagai.

Seperti yang diberitakan oleh media online " Kasat Pol PP Sergai : Galian C Meresahkan warga sipispis Ditutup Sampai Batas Belum ditentukan.  Penambangan batu koral (galian c ) yang beroperasi di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, akhir – akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Sebagaimana yang telah diberitakan oleh media online m.gosumut.com, sebelumnya, sekitar 53 warga di sana, menyatakan keberatan dengan adanya aktivitas galian c itu.

Dan menanggapi keluhan warga, pihak terkait dari Dinas Perizinan Provsu, SDM Pertambangan Provsu, Lingkungan Hidup Sergai dan Kasat Pol PP, langsung turun meninjau ke lokasi, Jumat (23/11/2018).

Diketahui sebelumnya, galian c ini sudah beroperasi sekitar 3 tahun yang dimiliki pengusaha, bernama Sakban Saragih, warga Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis.

Pada kesempatan itu, Kasat Pol PP Sergai, Fajar Simbolon kepada awak media, di lokasi galian c, Jumat (23/11/2018) mengatakan, galian c ini akan ditutup sampai batas yang belum d tentukan.

Selanjutnya, pihaknya akan memanggil pengusaha galian c secara tertulis. "Berdasarkan pengaduan masyarakat, kami turun ke lokasi dan menghimbau agar galian c ini ditutup sampai batas yang belum ditentukan,"ungkapnya.

Sementara itu, Dinas SDM Pertambangan Provsu, telah mengambil titik koordinat untuk dicocokkan dari surat perizinannya yang dimiliki pengusahanya. "Mungkin besok sudah diketahui hasilnya bang,"ucap Girsang.

Ditempat yang berbeda,  Tokoh muda Serdang Bedagai  Searca Agung Nugroho melalui pesan Whatsapp nya menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Serdang Bedagai itu sudah pas.  Apa yang dilakukan pengusaha galian C disipispis itu merusak lingkungan lah kalo kita bilang globalnya.., sementara sungai itu harus tetap kita lestarikan bukan hanya sbg destinasi unggulan pariwisata rafting yang berkesinambungan, tapi juga ekosistem sungainya.., karena batu itu kan juga berfungsi sbg penyaring alami untuk air yg bersih.

(SE)
Sarwo Edi Subowo Apresiasi tindakan Pemkab Serdang Bedagai yang menutup galian C merusak Lingkungan Sarwo Edi Subowo Apresiasi tindakan Pemkab Serdang Bedagai yang menutup galian C merusak Lingkungan Reviewed by Edi Sergai on 06.28 Rating: 5