Selamat Hari Guru, Yakin: Guru Sosok Yang Dirindukan Negeri



SERGAI - Walaupun hari guru jatuh pada hari minggu tanggal 25 November 2018, tetapi karena hari guru tahun ini hari libur, banyak juga diperingati dihari senin ini.  Tokoh muda Serdang Bedagai menyampaikan tanggapannya tentang sosok guru yang dirindukan negeri.

Siapa yang tak pernah  mendengar lagu Guru Umar Bakri, lagu yang tak lekang oleh zaman yang dicipta dan selalu dinyanyikan oleh Iwan Fals. Liric lagu seolah menggambarkan luapan Iwan Fals terhadap Pemerintah yang isinya penuh sindiran dan kritikan terhadap nasib pegawai negeri khususnya guru.

Salah satu liricnya menggambarkan bahwa Oemar Bakri yang usianya 40 tahun   seolah makan hati sebagai pegawai negeri tetapi ia berhasil dalam mendidik siswanya hingga menjadi Pejabat, Profesor, Insinyur, Dokter, akademik dan sebagainya. Lagu tersebut adalah bukti nyata bahwa banyak sekali guru yang tengah berjuang dalam mendidik siswanya dalam keterbatasan.

Sosok Oemar Bakri di era digital saat ini mungkin bisa kita lihat di pedalaman, mereka dijuluki Guru Garis Depan dengan harapan dapat membangun Indonesia dari pinggiran. Jumlah guru garis depan cukup besar terbukti dengan ditambahnya 9.000 Guru Garis Depan pada tahun 2018, meskipun tuntutan mereka untuk dapat mengajar di wilayah tedepan, terluar, terisolir, (3T) begitu berat tetapi mereka sangat mendapatkan perhatian penuh pemerintah. Pada tahun 2018 Pemerintah akan memprioritaskan pemenuhan sarana dan prasarana, termasuk di dalamnya program literasi dan pelayanan Sekolah Satu Atap. Dengan model ini, anak-anak di daerah 3T yang kerapkali terkendala masalah akses untuk bersekolah, bisa tinggal di asrama.

Mereka yang tergabung sebagai Guru Garis Depan perlu diliput perjuangannya, ada yang harus menyebrang sungai untuk sampai ke sekolah, hidup tanpa listrik, fasilitas terbatas seperti akses internet dan transportasi yang tak memadai untuk sampai ke kota ataupun menyelesaikan urusan urusan yang berkaitan dengan Dinas Pendidikan. Merekalah yang dirindu negeri untuk menyeimbangkan pembangunan berkelanjutan dari desa, sehingga patut kita apresiasi dalam momen hari guru ini bahwa Umar Bakri tidak lekang oleh zaman perjuangannya meskipun pergesaran kehidupan guru tengah terjadi dengan berbagai tunjangan kinerja tetapi  ingatlah bahwa kita tengan bahu membahu untuk meningkatkan kualitas Sumber  Daya Hidup Manusia Indonesia.

Peran Guru tak bisa dipisahkan oleh berbagai program peningkatan kesejahteraan di bidang sosial dan ekonomi. Guru telah memberikan Social Impact ke penjuru negeri sehingga perlu kita cermati kembali bagaimana Guru kita memberikan penalaran yang begitu luar biasa setiap kali mengajar bahkan mereka telah bercerita banyak tentang keanekaragaman hayati yang ada di bumi sebagai pembelajaran bagi kita bahwa ilmu yang mereka beri akan kita rasakan manfaatnya sepanjang hayat.

Selamat Hari Guru,  Engkaulah pelita bangsa,  engkaulah akar dari pendidikan yang buahnya terciptanya sumber daya manusia yang dapat mewujudkan perubahan kemajuan bangsa menuju yang lebih baik.

RIZWANUL YAKIN
DIRECTURE EXCECUTIVE YAKIN INSTITUTE


Editor;  Sarwo Edi Subowo
Selamat Hari Guru, Yakin: Guru Sosok Yang Dirindukan Negeri Selamat Hari Guru, Yakin: Guru Sosok Yang Dirindukan Negeri Reviewed by Edi Sergai on 03.55 Rating: 5