KPU Serdang Bedagai mengadakan Kursus Kepemiluan untuk mensukseskan pemilu 2019


Serdang Bedagai (EraPublik.com) - Meskipun diadakan di hari minggu,  namun para peserta tetap antusias mengikuti Kursus Kepemiluan Pemilu Tahun 2019  yang digelar di ruang Aula hotel Amanda Tebing Tinggi (25/11-2018)

Turut hadir pada acara tersebut Ketua KPU Provinsi Sumut Yulhasni, Ketua KPU Serdang Bedagai Erdian Wirajaya, Komisioner KPU Serdang Bedagai, Sekretaris KPU Serdang Bedagai, Kasubag teknis Bapak Aritonang, staf KPU,  dan Peserta Kursus Kepemiluan dari 17 Kecamatan

Dalam laporannya,  Bapak Aritonang menjelaskan.  Bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu masyarakat umum yang berjumlah 60 orang dari 17 kecamatan yang ada di Serdang Bedagai.

“Kalian semua adalah cikal bakal mitra KPU Serdang Bedagai untuk mensukseskan pemilu 2019. Untuk itu kalian harus diberi pemahaman tentang dasar-dasar kepemiluan agar dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat,” jelas  Ketua KPU Kabupaten Serdang Bedagai Erdian Wirajaya dalam pembukaan kursus Kepemiluan tersebut. Sekecil apapun peran kita dipemilu, itu sangat berarti bagi nasib bangsa kedepan.

Yulhasni (Ketua KPU provinsi Sumatera Utara)  dalam sambutannya menyampaikan ada 2 indikator suksesnya pemilu.
1. Meningkatnya partisipasi masyarakat.
2. Kesadaran masyarakat menggunakan hak pilih nya.

Kurangnya partisipasi syarakat karena
1. Kurangnya informasi cara memilih
2. Masyarakat apatis karena;
a.  Siapapun yang menang,  akan begini-begini aja gak akan mengubah apa-apa
b.  Tidak kenal siapa calon
c.  Semua politisi korup
d.  Prosesnya membingungkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu mengubah stigma masyarakat. Kita jelaskan akan pentingnya pemilu. Pemilu merupakan pintu gerbang nasib bangsa kedepan. Kemudian kita dapat menyajikan informasi tentang pemilu dengan cara langsung, maupun sosialisasi melalui medsos.

Ardiansyah Hasibuan,  komisioner KPU Serdang Bedagai selaku narasumber dalam acara tersebut menjelaskan bahwa Program Kegiatan Kursus Kepemiluan ini adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana kalian akan diberikan Pendidikan mengenai kepemiluan yang nantinya akan menjadi mitra KPU Kabupaten Serdang Bedagai dalam menjalankan agenda sosialisasi dan Pendidikan pemilih. Bentuk peran serta kalian ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Fuad Hasan Lubis komisioner KPU Serdang Bedagai menyampaikan materi tentang Prinsip dasar pemilu yang adil dan jujur. Azas pemilu itu Luber Jurdil. Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Harapan kami kepada peserta kalian adalah pejuang demokrasi,  corong demokrasi memberikan informasi tentang pemilu untuk mensukseskan pemilu 2019.

Sedangkan Bayu Afrianto komisioner KPU Serdang Bedagai menyampaikan materi tentang HUKUM dan Pengawasan. Dasar Pemilu adalah UU no. 17 tahun 2017. Selain itu,  ada juga peraturan KPU, peraturan bawaslu, peraturan MA, peraturan MK. Penegakan pemilu ada 3 macam, Pelanggaran Pemilu, Sengketa Proses Pemilu dan perselisihan hasil pemilu.

Sedangkan pelanggaran pemilu ada 3, pelanggaran administrasi, etika dan tindak pidana.

Adapun rangkaian materi dalam kursus kepemiluan ini yakni : Partisipasi masyarakat dalam pemilu,  lembaga penyelenggara pemilihan Umum, Prinsip dasar pemilu yang jujur, adil dan tidak diskriminatif, Tahapan pemilu, Penegakan Hukum Pemilu, Komunitas peduli pemilu dan demokrasi, Rencana tindak lanjut, acara berlangsung dengan ceria dan penuh kekeluargaan. Acara ditutup dengan deklarasi Relawan pemilu/ demokrasi.

Penulis: Sarwo Edi Subowo
Kepala Biro Serdang Bedagai
KPU Serdang Bedagai mengadakan Kursus Kepemiluan untuk mensukseskan pemilu 2019 KPU Serdang Bedagai mengadakan Kursus Kepemiluan untuk mensukseskan pemilu 2019 Reviewed by Edi Sergai on 02.01 Rating: 5