Sugianto Sampaikan, Untuk Mencetak Generasi Emas Guru Harus Smart, Elegan, Kharismatik, Solusi dan Inovatif


SERGAI - Untuk mencetak generasi Emas guru harus SEKSI.  yaitu Smart,  Elegan, Kharismatik,  Solusi dan Inovatif. Hal tersebut disampaikan oleh Sugianto,  M. Pd (Kabid Pembinaan SMP dan SD)  Dinas Pendidikan Serdang Bedagai pada acara penutupan pelatihan Implementasi kurikulum 2013 guru SMP dan SD Kabupaten Serdang Bedagai pada tanggal 17 November 2018 di Aula Theampark Pantai Cermin.

Guru harus SMART atau cerdas,  pintar dan pandai. Kita harus lebih pintar dari peserta didik. Generasi milenial sudah sangat pandai dalam menggunakan tekhnologi. Kita juga harus belajar dan menyesuaikan perkembangan zaman. Guru yang cerdas harus bisa memperhatikan kelebihan peserta didik. Yang unggul Gali dan asah potensinya agar dapat berprestasi membanggakan negeri.

Selain smart guru juga harus ELEGAN. berpenampilan menarik dan berakhlak mulia.  Kita itu suri tauladan bagi peserta didik,  oleh karena itu berikanlah contoh yang baik.

Selanjutnya guru harus KHARISMATIK. berwibawa dan menjadi magnet kebaikan buat peserta didik. Selain kharismatik guru juga sebagai SOLUSI. Solusi terhadap problem pada mata pelajaran,  juga harus bisa menghadirkan solusi terhadap permasahan dalam kehidupan disekolah dan kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara.

Yang terakhir yaitu,  INOVATIF. Guru harus bisa menciptakan ide - ide baru agar peserta didik tidak bosan belajar. Temukanlah terus cara yang menarik perhatian siswa agar mereka giat belajar.

Selain SEKSI,  sugianto juga menyampaikan. Seorang guru harus memiliki prinsip kerja 5 AS. Kerja Keras, Kerja Ikhlas,  Kerja Cerdas,  Kerja Tuntas dan Kerja Berintegritas.

Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,  kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati, Bapak Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai. Karena mereka telah memfasilitasi untuk mengadakan kegiatan ini. Semoga dengan diadakannya kegiatan pelatihan ini, kita bisa bersama mewujudkan visi Dinas Pendidikan Serdang Bedagai. Yaitu Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Menurut pantauan penulis, kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 ini diadakan pada tanggal  13-17 November 2018 di dua tempat, yaitu di Theampark Resort Pantai Cermin dan Pantai Wong Rame. Adapun pesertanya dari guru SD dan SMP untuk guru bidang study IPA dan Bahasa Inggris. 

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sangat mensupport dalam peningkatan kualitas pendidikan di Serdang Bedagai. Selain pelatihan ini, sebelumnya juga diadakan Pelatihan pengelolaan perpustakaan dan pelatihan lainnya. Untuk yang akan datang juga akan diadakan pelatihan guru berbasis IT. 

Tingkat Literasi di Kabupaten Serdang Bedagai juga cukup tinggi. Karena program Literasi ini diterapkan diseluruh tingkatan Sekolah yang ada di Serdang Bedagai.




Penulis; Sarwo Edi Subowo
Kepala Biro Media EraPublik.com Serdang Bedagai
Sugianto Sampaikan, Untuk Mencetak Generasi Emas Guru Harus Smart, Elegan, Kharismatik, Solusi dan Inovatif Sugianto Sampaikan, Untuk Mencetak Generasi Emas Guru Harus Smart, Elegan, Kharismatik, Solusi dan Inovatif Reviewed by Edi Sergai on 06.42 Rating: 5