Akhir Tahun,PHE Siak Bersama Masyarakat Desa Senama Nenek Mengisi Liburan Dengan Pelatihan Menjahit



KAMPAR-PT. Pertamina Hulu Energi Siak PHE Siak, kembali menjalankan komitmennya dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibilty (CSR) tahun 2018 yaitu,pelatihan menjahit dan bordir Lima Belas (15) Ibu-ibu dan kader perempuan Aula Kantor Desa Senama Nenek,Kec.Tapung Hulu, Kab. Kampar.Pelatihan menjahit dan bordir ini merupakan program sinergi antara pemerintahan desa Senama Nenek, Tapung Hulu, Kampar dengan PHE Siak,Senin 24/12/2018.

Field Manager PHE Siak Bomantara dalam kesempatan itu mengatakan,program pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill dan potensi menjahit bagi ibu-ibu dan kader perempuan yang ada di sekitar wilayah operasi PHE Siak, khususnya lapangan Lindai."Pelatihan ini diharapkan bisa diikuti dengan serius, sehingga materi dari pengajar baik teori dan praktek bisa diaplikasikan setelah pelatihan,"jelas Bomantara.

Salah Satu (1) pengajar pelatihan menjahit Eti Kartika dari Kec.Tambang,Kampar dalam kesempatan itu mengatakan,"kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama Lima (5) hari berturut-turut,para ibu-ibu dan kader tersebut dilatih dengan dasar-dasar menjahit,mulai dari materi membuat pola, mengukur, menggunting, hingga menjahit, baik menggunakan mesin jahit manual maupun mesin jahit listrik.Masing-masing peserta diberikan Satu (1) set peralatan menjahit seperti alat ukur, gunting, buku pola, modul hingga kain bahan untuk materi praktek,"terang Eti Kartika.

Mesin jahit yang dipergunakan menggunakan mesin jahit listrik dan mesin jahit manual,sehingga peserta biasa memahami dan mengoperasikan dengan kedua jenis mesin jahit tersebut. Para peserta selama pelatihan diberikan teori dan praktek dalam membuat pola, menggambar, memotong dan menjahit baju gamis dengan ukuran masing-masing peserta sehingga setelah pelatihan selesai, baju gamis tersebut dapat dipakai dan dibawa pulang oleh peserta.

Kepala Desa Senama Nenek Abdoel Rakhman Chan dalam kesempatan itu mengatakan,"atas nama pemerintahan desa Senama Nenek dan peserta pelatihan,kami mewakili semua warga Desa Senama Nenek mengucapkan terimakasih atas komitmen dari PHE Kampar dalam mewujudkan pemberdayaan kader perempuan di desa Senama Nenek."Harapannya adalah,kegiatan yang dilaksanakan oleh PHE Kampar ini terus berlanjut program ini di tahun-tahun berikutnya,"harap Abdoel Rakhman Chan.

Pembukaan pelatihan menjahit dan bordir ini juga dihadiri oleh pejabat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kecamatan Tapung Hulu, pendamping tingkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan aparatur desa Senama Nenek. Pembukaan pelatihan ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan pemberian dasar-dasar materi yaitu pengenalan alat-alat jahit bagi peserta pelatihan.



Penulis:Toni Octora.

Akhir Tahun,PHE Siak Bersama Masyarakat Desa Senama Nenek Mengisi Liburan Dengan Pelatihan Menjahit Akhir Tahun,PHE Siak Bersama Masyarakat Desa Senama Nenek Mengisi Liburan Dengan Pelatihan Menjahit Reviewed by Toni Octora on 06.42 Rating: 5

Tidak ada komentar