PHE Gelar Media Gathering Cluster Sumatra Bersama Insan Pers




MEDAN–PT Pertamina Hulu Energi, bersama anak perusahaannya yang beroperasi di wilayah sumatera menggelar kegiatan media gathering perwakilan wartawan yang tersebar di seluruh lapangan wilayah operasi PHE Siak, PHE Kampar, PHE NSO dan PHE Ogan Komering.Kegiatan Gathering Cluster Sumatra berlangsung selama Dua (2) hari pada 10-11 Desember,Selasa 11/12/2018,Pukul 08.00 Wib.

Asisten Manager Media PHE Agus Sudaryanto dalam sambutannya mengatakan,acara ini digagas sebagai ajang silaturahmi,dan memberikan Update terkini Operasi hulu migas khususnya di PHE Cluster Sumatera."Selain itu dipaparkan pula mengenai capaian produksi Tahun 2018 dan rencana kerja Tahun 2019 yang akan dilaksanakan oleh Anak Perusahaan PHE yang beroperasi di Sumatera,"terang Agus Sudaryanto.

“Lanjut Agus,"dalam melaksanakan kegiatan operasional, kami memerlukan mitra kerja yaitu,media untuk dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat,sehingga semua pihak dapat mendukung dalam mencari migas serta mempertahankan produksi untuk ketahanan energi nasional,"ujar Agus Sudaryanto.

Kepala Departement Komunikasi SKK Migas Erry Prihandri Affandi dalam paparanya mengatakan,"selain juga memberikan edukasi kepada media mengenai proses eksplorasi yang saat ini,juga harus digiatkan demi mencari cadangan baru. Dikatakannya bahwa secara kemampuan para ahli pemboran sudah terbukti mumpuni dalam melakukan kegiatan eksplorasi, namun menurut catatan selama ini, penundaan waktu eksplorasi lebih banyak dari faktor non technical skills berupa pengurusan perizinan yang lama, dan kurangnya dukungan masyarakat karena ketidakpahamannya,"terang Erry Prihandri Affandi.

Hal ini diperkuat dengan paparan dari pengamat industri migas, Alex Ginting seorang jurnalis sekaligus analis, melalui penyampaian materi ringan tetapi padat mengenai kondisi migas di Indonesia saat ini. Ginting mengatakan bahwa, Indonesia bukan lagi negara penghasil minyak, tetapi pengimpor minyak untuk menutupi kebutuhan. Hal ini terjadi karena kebutuhan yang tinggi sedangkan hasil minyak terus menurun, dan ekplorasi menjadi suatu keharusan untuk menambah cadangan migas,"terang Alex Ginting.

Sejalan dengan itu, anak Perusahan PHE telah bersiap dengan program kerja eksplorasi di tahun 2019, berupa Seismic 2D sepanjang (423) Km, dan pengeboran Satu (1) sumur eksplorasi di Blok Siak, Seismik 2D (1000) Km, dan pengeboran Tiga (3) sumur eksplorasi di blok NSO, dan Satu (1) sumur pengeboran eksplorasi di blok Kampar.Media memegang peranan penting dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya industri migas sehingga mendukung setiap kegiatan operasi migas diwilayah masing masing.

Salah satu awak media cetak Post Metro Rohil Zulfan Effendi mengatakan,"kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan PHE anak Perusahaan Pertamina ini sangat positif,selain menjaga silahturahmi dan kemitraan,juga memberi informasi dan edukasi kepada masyarakat.Semoga kedepan kegiatan semakin maju,dan berkelanjutan,"harap Zulfan Effendi.



Penulis:Toni Octora.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.