Sambut Natal,TNI Berbagi Kasih Bersama Warga Desa Banti Tembagapura Mimika




PAPUA-Setelah melalui perjalanan panjang melewati pegunungan dan bukit terjal menembus cuaca berkabut dengan suhu yang dingin, akhirnya tibalah di Distrik Banti Tembagapura. Tim Pembinaan Masyarakat TNI Nemangkawi bersama Kodim (1710) Mimika “Berbagi Kasih Natal” dengan membagikan hewan ternak Empat (4) ekor babi dan bingkisan Natal kepada masyarakat kampung Banti (1) Banti (2), Kimbeli dan Opitawak, di halaman kantor Lemasa Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kab. Mimika, Provinsi Papua, Sabtu (22/12/2018).

Nampak antusias masyarakat berbondong-bondong tiba ke lokasi acara, sebanyak Tiga Ratusan (300) orang masyarakat datang menyambut kedatangan Tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama Kodim (1710) Mimika beserta Satuan TNI di wilayah Mimika.

Seperti kita ketahui bahwa tahun lalu pada 15 November 2017 masyarakat Banti masih meninggalkan trauma akibat ulah penyanderaan disertai tindakkan kekerasan dan pembakaran yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Sebanyak (13) personel Kopassus dan (10) personel Kostrad berhasil melakukan operasi senyap untuk membebaskan masyarakat dari sekapan KKSB.

Namun suasana kali ini sangat berbeda, kebersamaan para prajurit TNI yang berbaur dengan masyarakat akrab menyatu dalam acara “Berbagi Kasih Natal”. Canda dan tawa masyarakat bersama prajurit TNI sambil menyantap pinang ciri khas makanan Papua, mengiringi senyum dan riangnya anak-anak ketika menerima permen dan bingkisan Natal dari tangan para prajurit TNI  yang menggunakan topi Santa Claus.

Acara yang diawali sambutan Dandim (1710) Mimika Letkol Inf Pio L. Nainggolan, S.E., M.Tr, menyampaikan bahwa, acara ini sebagai wujud nyata kehadiran TNI untuk terus berkontribusi positif sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dalam suasana aman dan tenang serta tidak takut terhadap ancaman kelompok KKSB. “Apa yang disampaikan TNI adalah wujud kecintaan TNI kepada masyarakat, karena kami yakin bahwa bersama rakyat TNI kuat dalam melaksanakan tugas keamanan dan pertahanan negara,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Tokoh Agama Pdt Hengky menyampaikan, terima kasih atas semua bantuan prajurit TNI kepada masyarakat kami dan besar harapan kami meminta agar TNI-Polri terus bertugas menjaga daerah kami dari gangguan kelompok KKSB. “Kami bisa berkumpul sekarang ini karena peran Tuhan yang memberikan waktu kepada kita, jadi kita harus banyak-banyak bersyukur kepada Tuhan,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan pembagian (300) paket sembako gratis yang diberikan secara simbolis kepada masyarakat, serta pemberian tali asih berupa Empat (4) ekor babi yang diberikan kepada perwakilan para Kepala Kampung, yaitu Kampung Banti (1), Banti (2) Kimbeli dan Opitawak.

Hadir pada acara tersebut, Danbrigif (20) Kostrad, aparat kewilayahan TNI-Polri, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di wilayah Kampung Banti (1) ,Banti (2) Kimbeli dan Opitawak.



Penulis:Toni Octora.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.