Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Pohon Pisang di Jln. Abdulrabkhan Bukit Timah



DUMAI - Warga di Jalan Abdul Rabkhan milik PT.Chevron Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan melakukan penanaman pohon di tengah jalan.
Hal ini dilakukan warga akibat kondisi jalan tersebut berlubang atau rusak yang tak kunjung diperbaiki. Sehingga sebagai bentuk protes warga terhadap pihak Chevron, wargapun bergotong royong menanami tanaman di tengah-tengah jalan tersebut.
Hal ini disampaikan salah satu warga, Parlen yang merupakan salah seorang pemuda setempat mengatakan, bahwa jalan ini sudah mengalami kerusakan parah, akibat aktivitas mobil truck pengangkut batu dan tanah serta kendaraan lainnya.
Dijelaskan Parlen lagi, yabg lebih parahnya ketika saat musim hujan tiba, jalan berlubang tersebut tergenang air. Akibatnya, seringkali terjadi kecelakaan tunggal pengedara motor jatuh karena tak melihat lubang jalanan. Kemudian ketika saat kemarau, aktivitas truck membuat jalanan kerap berdebu.
”Hari ini saya beserta warga melakukan penghijauan, Guna untuk memberikan Tanda jalan yang berlubang atau rusak, kalau kami tidak beri tanda, ini akan menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan yang ada di jalan bukit timah ini,” Kata Parlen salah seorang Pemuda Bukit Timah yang di dampingi warga RT 04 kepada Media Kabarheadline.com, Minggu (23/12/2018).
Disisi lain, Koordinator aksi penghijauan itu, Ardi mengatakan warga sebenarnya sudah sering mengeluhkan jalanan rusak tersebut kepada Lurah, Camat serta Pemerintah Kota Dumai Melalui Instansi terkait. Tapi kesannya selama ini tak ada tanggapan.
Karena tidak ada tanggapan dari pihak pemerintah, ia menilai wajar saja jika warga melakukan penghijauan di jalan raya bukit Timah di KM 4. Dan Warga pun juga serentak menanam pohon-pohon pisang di jalan yang rusak.
“Kami tanam pohon pisang sebagai tanda. Untuk menghindari kecelakaan. Jalan ini akses proyek truk pengangkut batu bata, Truk Pengangkut Tanah serta truk-truk lainnya,” tutupnya. 
Disisi lain, Sutrisno Anggota Komisi I DPRD Dumai saat dikonfirmasi Media EraPublik.com membenarkan adanya warga melakukan Penanaman Pohon  ditengah Jalan tersebut. "Saya diberi informasi oleh warga, bahwa warga akan bergotong royong menanam pohon pisang di Jln. Abdul Rabkhan tersebut. Saya kira warga bercanda, ternyata setelah saya tinjau kelokasi, ternyata warga sedang menanami pohon pisang ditengah jln tersebut," ungkap Sutrisno via Whatsappnya.
Menurut Sutrisno, bahwa Jln Abdul Rabkhan tersebut pada Tahun 2017 lalu sudah ditinjau oleh pihak Chevron melalui SKK migas bersama Pemkot Dumai yaitu Dinas PUPR, Badan Pertanahan Nasional dan juga Komisi I DPRD serta Camat Dumai Selatan untuk melihat kondisi jalan Aset Chevron guna pematangan rencana perbaikan.
"Peninjauan tersebut hanyalah tinggal harapan belaka, dikarenakan hingga kini tak kunjung ada kejelasan terkait jalan tersebut," ungkap Sutrisno kepada Media EraPublik.com.
"Intinya Chevron diduga tak pernah tepati janji dalam hasil hearing dengan DPRD Komisi I dan Pemko Dumai sudah berulang-ulang pertemuan. Yang mana pihak Chevron akan membangun Jln.AbdulRabkhan tersebut," imbuh Sutrisno Anggota DPRD Dumai ini. 
"Dalam hal ini, Pemko Dumai tidak bisa membangun, karena pihak Chevron juga tidak mau melepaskan Aset jalan tersebut ke Pemko Dumai. Padahal pada Tahun 2015 lalu Pemko Dumai pernah menganggarkan atas usulan masyarakat, namun Pemko Dumai tidak berani melaksanakan  pembangunan jalan tersebut." pungkas Sutrisno. 
Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Pohon Pisang di Jln. Abdulrabkhan Bukit Timah Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Pohon Pisang di Jln. Abdulrabkhan Bukit Timah Reviewed by Redaksi on 19.21 Rating: 5