Petugas Dinas LH Temukan Gundukan Tanah Diduga Limbah Minyak Sawit


JAKARTA - Sejumlah gundukan tanah yang diduga limbah minyak sawit ditemukan di sejumlah titik di sekitar Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara.

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing Mahmudin menyatakan, temuan tersebut berawal dari laporan masyarakat.

"Ada laporan di situ ada yang buang limbah, limbah minyak katanya. Saya kira limbah minyak itu cair, enggak tahunya gundukan seperti pasir tapi pas didekati baru kelihatan kalau limbah," kata Mahmudin kepada Kompas.com, Jumat (4/1/2019).

Mahmudin menyebut, gundukan tanah itu diduga merupakan limbah atau ampas minyak sawit karena karakteristiknya yang berbeda dengan pasir pada umumnya.

"Kalau dilihat dari jauh memang seperti pasir, cuma kalau itu lama-lama terinjak-injak nge-press seperti itu muncul kelengketan seperti minyak," ujar Mahmudin.

Pengamatan Kompas.com, gundukan tersebut mempunyai tekstur yang gembur dan mudah tercerai. Pasir yang sudah memadat tampak seperti lilin plastisin yang berminyak dan lengket.

Warna gundukan tanah itu terlihat cokelat muda, namun ada beberapa bagian kehitaman seperti hangus terbakar.

Petugas Dinas Lingkungan Hidup sudah mengambil sampel untuk memeriksa kandungan pasir di gundukan itu. Adapun Satpel LH Cilincing masih menelusuri sosok pembuang gundukan pasir yang diduga limbah minyak kelapa sawit itu.






Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.