Breaking News

ProDesa Menilai, Pemkab Malang Tidak Fokus Pada Tahapan Pemilu 2019


KABUPATEN MALANG - Tinggal Menghitung hari, Pemilu serentak Pileg/Pilpres 2019 akan di gelar.

Namun, dalam menyambut pesta demokrasi tahun ini, 
Koordinator Badan Pekerja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ProDesa Achmad Khoesaeri menilai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tidak fokus mensukseskan Pemilu Pileg/Pilpres 2019.

Pasalnya, personil kepanitiaan pemilu serentak yang terlibat, juga sibuk untuk  mempersiapkan penyelenggaraan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan berlangsung pada Juni 2019 mendatang di ratusan Desa yang tersebar di 33 Kecamatan.

Menurut Khoesaeri, Pemkab Malang seharusnya menunggu terlebih dahulu tahapan Pemilu Pileg/Pilpres selesai, baru setelah itu, fokus pada tahapan Pilkades.

Hal ini kata dia, agar semua pihak bisa fokus untuk mensukseskan Pileg dan Pilpres.

"Saya menilai, Pemkab Malang pada Pemilu serentak tahun ini tidak fokus, karena para panitia yang terlibat juga disibukkan dengan urusan Pilkades," kata Khoesaeri, Kamis (11/4/19).

Memang tidak ada larangan, tapi semestinya Pemkab Malang harus mempertimbangkan dulu  penjadwalan Pilkades ini, tunggu perhelatan nasional selesai, baru tahapan pilkades digulirkan, kami rasa itu lebih bijak, ujarnya.

Lanjut Khoesaeri, pihaknya juga telah banyak mendapatkan keluhan dari berbagai pihak yang mengaku bahwa, para camat memaksakan agar panitia pelaksanaan Pilkades segera dibentuk, dengan perintah yang seakan mengabaikan persiapn pemilu.

Coba bayangkan saja, penutupan pendaftaran Pilkades tepat di hari yang sama dengan pencoblosan, 17 April 2019 nanti.

Jadi, dengan banyaknya  keluhan dan kesibukan panitia penyelenggara Pemilu, kami menyimpulkan bahwa tahapan pemilu di Kabupaten Malang telah terganggu, tutup Khoesaeri.



Penulis:Ral
Editor: G. Ediyanto

Tidak ada komentar