Breaking News

Antisipasi Banjir, DPU SDA Lakukan Perawatan Irigasi



KABUPATEN MALANG – Guna mengantisipasi terjadinya banjir dan pendangkalan disungai,  Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU-SDA) terus lakukan perawatan pada saluran irigasi.

Demikian dikatakan Plt Dinas PU SDA Kabupaten Malang Avicena M. Saniputra saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/5/19).
Perawatan yang dilakukan Dinas yang dipimpinnya itu yakni pengerukan dengan menggunakan bantuan alat berat.

Selain itu, pihaknya juga terus memasang papan imbauan larangan tidak membuang sampah di lokasi irigasi.
Hal ini kata Avi, bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan karena banyaknya sampah yang menumpuk.

Bukan hanya itu saja, tujuan papan imbauan ini, agar menjadikan air yang mengalir ke lahan pertanian tidak menimbulkan bau maupun pencemaran lingkungan.

Seperti yang telah dilakukan di saluran irigasi Desa Talok Kecamatan Turen belum lama ini, jelas Avi mencontohkan.

Ia menambahkan, perbaikan saluran irigasi ini merupakan upaya Dinas PU SDA Kabupaten Malang untuk memastikan distribusi air terhadap lahan sawah di 33 kecamatan di Kabupaten Malang berjalan lancar.

Dirunya berharap, dengan adanya perbaikan rutin pada saluran irigasi dan terpasangnya papan imbauan disetiap saluran, semoga dapat membantu para petani dalam  meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Malang. Sehingga, dapat mensukseskan program ketahanan pangan hingga di tingkat nasional.


Penulis: G.Ediyanto

Tidak ada komentar