Bentuk Generasi Muda Berkarakter Koramil 0815/18 Gondang Gembleng Saka Wira Kartika


JATIM- Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 0815/18 Gondang melaksanakan latihan Krida Mountaineering bertempat di Bendungan Sungai Kromong Desa Padi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Minggu (05/05/2019).

Kegiatan diawali dengan pembekalan materi teori yang berlangsung di Makoramil 0815/18 Gondang dan mendapat pembinaan langsung dari Serda Nurhidayat selaku Pamong Saka, dibantu Serka Suliyadi dan Sertu Mukhtar Lubis.

Setelah pemberian materi teori, selanjutnya sekitar 30 orang anggota SWK binaan Koramil 0815/18 Gondang menuju Bendungan Sungai Kromong Desa Padi untuk melaksanakan praktek Krida Mountaineering.

Pada kesempatan tersebut, anggota SWK juga dilatihkan gerakan refling dan merayap menggunakan satu tali (Rayapan Tali Satu).  Tidak itu saja, para peserta juga dilatihkan kekompakan, jiwa korsa dan semangat kebersamaan, salah satunya melalui acara makan siang bersama ala militer, yang dipandu langsung Serda Nurhidayat.

Untuk diketahui, Krida Mountaineering yaitu krida yang mempelajari tentang cara melintasi suatu kondisi alam seperti pegunungan, perbukitan dan tebing. Sementara Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional, yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat, bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara dan kepramukaan.

Pada kesempatan berbeda Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Wiyanto, mengungkapkan, latihan Krida Mountaineering bagi anggota Saka Wira Kartika Koramil 0815/18 Gondang bertujuan untuk memantapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepramukaan khususnya pada.

“Tidak hanya ilmu kepramukaan, dalam latihan ini juga ditanamkan wawasan kebangsaan, sesuai dengan tujuan pembentukan Saka Wira Kartika yakni untuk mengembangkan kepramukaan dan wawasan kebangsaan guna membentuk generasi muda yang berkarakter,” ungkapnya (Penrem 082/CPYJ ).


Authentifikasi :

Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Caj (K) Candra Yuniarti, S.S.


Press Release: Kapenrem 082/CPYJ.
Editor: Toni Octora.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.