Hakim Vonis Sukarno Dan Sofyan Tanjung 1 Tahun



ROKAN HILIR- Pengadilan Negri Rokan Hilir (Rohil) akhirnya menjatuhkan vonis terhadap Sukarno dan Sofyan Tanjung selama Satu (1) Tahun, karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyerobotan dan perusakan milik Hendra Yunizar SE. Kamis Tanggal 9 Mei 2019 Pukul 10.35 Wib.

Putusan ini dibacakan oleh ketua Majelis Hakim Rudi Ananta Wijaya SH MH Li 
didampingi oleh anggotanya Sonra Mukti SH dan Rina Yose SH dibantu panitera Pengganti Merlyn Gresly Siregar SH dan jaksa penuntut umum (Jpu) Reza Fadillah SH.

Berdasarkan bukti-bukti dan saksi selama persidangan terungkap bahwa, ke Dua (2) terdakwa Sukarno dan Sofyan Tanjung dinyatakan sebagai orang yang dianggap mampu dan bertanggung jawab dalam segala tindakannya melakukan penyerobotan dan perusakan tanah sehingga merugikan saksi Hendra Yunizar SE, " ujar Hakim Rudi Ananta Wijaya SH MH Li. 

Dalam pertimbangan majelis hakim yang dibacakan bahwa seluruh pembelaan penasehat hukum terdakwa yang disampingkan terkait hal Saksi ahli hukum pidana, yang dihadirkan penasehat hukum tidak tercatat dalam bukti BAP Penyidik, itu adalah hak kewenangan penyidik. 

Bukan hak majelis hakim. Sehingga pembelaan terdakwa tidak lah dapat diterima atau patut di dikesampingkan, maka pembelaan terdakwa haruslah ditolak. Sementara pertimbangan hal hal yang meringankan kedua terdakwa berlaku sopan dalam sidang," jelas ketua majelis hakim.

Sebelumnya jaksa penuntut umum (Jpu) Reza Reski Fadilah SH dalam bacaan tuntutannya menuntut ke Dua (2) terdakwa Sukarno dan Sopian Tanjung Satu Tahun Enam Bulan (1,6) Tahun, terdakwa telah melanggar pasal 385 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 KUHPidana.

Atas vonis putusan ketua majelis hakim, ke Dua (2) terdakwa melalui kuasa hukumnya Asep Ruhiyat Sag SH MH dan Malden Ricardo  SH MH menyatakan, banding.




Editor: Toni Octora.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.