Breaking News

Pengamanan Diobjek Wisata Satpolair Polres T.Balai Terjunkan 3 Kapal Patroli


KOTA TANJUNGBALAI - Mengisi waktu lebaran Idul Fitri 1440 H, beberapa warga memadati sejumlah objek wisata air yang ada di kota Tanjungbalai dan Asahan. Salah satunya yang menjadi tumpuan warga adalah Pulau Baswesen.

 Pulau yang hanya seluas 22 Hektar ini  terletak di aliran Sungai Asahan di Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai.

 Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai melalui Kasat Polair AKP Agung Basuni mengatakan  bahwa
keberadaan petugas berada disana untuk memberikan jaminan keselamatan pada masyarakat, ini sesuai dengan tupoksi Polri yaitu Polisi harus ada di tengah masyarakat, sehingga dalam rangka memberikan pelayanan pengayoman dan perlindungan masyarakat, maka petugas melakukan penjagaan, Ucap Kasatgas BanOps Ketupat Toba 2019 AKP Agung Basuni saat melakukan  patroli pengamanan dan pengawasan di Pulau Baswesan, Minggu (9/6/2019).

 Selain itu,  AKP Agung Basuni menambahkan dalam hal pengamanan ini Polri harus benar benar bertanggung jawab dan konsekuen serta bersikap harmonis terhadap setiap kegiatan rutin ataupun insiden.

 Salah satu momen adalah petugas lebih dahulu berada dilokasi sebelum masyarakat melaksanakan aktivitas merayakan lebaran di objek wisata perairan.

"Perintah pimpinan petugas harus datang lebih awal,  sebelum masyarakat datang ke lokasi wisata", Bebernya

Untuk menjamin  keselamatan dan kenyamanan pengunjung Objek Wisata / Pulau Buswesen tersebut, Polres Tanjungbalai melalui Satuan Polisi perairan (Satpolair) melakukan Patroli pengamanan dan pengawasan terhadap ratusan pengunjung dengan menerjunkan 3 Kapal Patroli lengkap berikut sarana dan prasarana keselamatan.

 AKP Agung Basuni, menambahkan, itulah cara Polri khususnya Polres Tanjungbalai untuk memberikan rasa kepercayaan dari warga sehingga liburan Idul Fitri 1440 H dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

 Dalam hal pengamanan dan pengawasan tersebut, pihaknya menerjunkan  3 Kapal Patroli  Dan Speedboat  yang senantiasa melakukan Patroli di kawasan pantai dan sekitarnya.


  Bukan hanya berpatroli, petugas juga memberikan himbauan kepada pengunjung melalui pengeras suara, agar tidak berenang terlalu jauh dari  bibir pantai dan para orang tua juga harus selalu mengawasi anak-anaknya saat berenang di pantai.

 Selain itu petugas juga meminta agar pengunjung dewasa tidak berenang terlalu ke tengah atau berenang sendirian atau dengan kata lain sebaiknya berenang bersama teman.

 Sebagai pertolongan pertama menurut AKP Agung Basuni selaku Kasat Polair Polres Tanjungbalai, petugas membawa dan mempersiapkan alat keselamatan seperti pelampung, lifeboy, life jacket, perlengkapan medis, Hal ini berguna apabila sewaktu - waktu di butuhkan dan  antisipasi bila ada pengunjung  yang tenggelam.

 Dalam Hal keselamatan lainnya, pihak Satpolair selalu berkoordinasi dengan Basarnas untuk melakulan pengawasan terhadap aktivitas warga yang sedang berwisata di perairan, juga melakukan patroli dengan berjalan kaki di kawasan Pulau Baswesen yang seluas 22 Hektar ini, dengan memberikan himbauan kamtibmas." Hal ini dilakukan untuk mencegah tindak pidana  seperti pencopetan dan keributan lainnya ", Ucap Kasat Polair Polres Tanjungbalai AKP Agung Basuni SH SIK menutup.



Penulis : Ambon.

Tidak ada komentar