• Breaking News

    Pengurus APDESI Kampar Resmi Dikukuhkan, Bupati : Hati-hati Dalam Penggunaan Dana Desa


    Kampar - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto Mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asiosasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kampar Periode 2018-2023, usai sholat Jum’at di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Jum’at (28/6/19).

    Tampak hadir dalam Pengukuhan tersebut, diantaranya Bupati Kampar Periode lalu Burhanuddin Husin, Kapolres Kampar AKBP. Andri Ananta Yudhistira, Ketua Apdesi Provinsi Riau yang diwakili oleh Wakil Ketua Sutedjo, Anggota DPRD Kampar Sahrul Aidi, dan Tokoh masyarakat serta seluruh Kepala Desa se-kabupaten Kampar.

    Dalam sambutannya, Bupati Kampar menegaskan agar Pemerintah Desa terutama Kepala Desa untuk berhati-hati dalam penggunaan dana Desa, dan Kepala Desa agar senantiasa mengikuti peraturan yang berlaku.

    Disisi lain Catur Sugeng juga mengatakan saat ini Desa sangat menjadi perhatian Serius Pemerintah Republik Indonesia terutama dalam pembangunan Desa. Dana Desa yang diberikan Pemerintah Pusat sangat Besar.

    “Ikuti Peraturan yang berlaku dalam penggunaan Dana Desa, Selalu berkoordinasi dengan Badan Pemerintahan Desa dan Kabupaten, agar terhindar dari masalah Hukum," pesan Catur.

    Catur juga mengungkapkan Sebagian anggaran Pemerintah Daerah setengahnya dialokasikan untuk pembangunan Desa, dirinya juga membuka diri kepada APDESI untuk selalu berkoordinasi bersama mencari solusi apabila terjadi permasalahan di Desa.

    Catur  juga mengharapkan APDESI  berperan aktif untuk melakukan sosialisasi kepada warga dalam mendukung program-program pemerintah baik pusat dan daerah, seperti pembangunan infrastruktur jalan tol pekanbaru-sumatera barat yang melintasi kabupaten kampar, sebab pembangunan jalan tol ini sangat berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

    Selain Itu, Dengan Telah Dilantiknya Ketua Dan Pengurus Yang Baru, hendaknya Program-Program APDESI Dapat Lebih Ditingkatkan Dan Bersinergi Dengan Program Pemerintah Daerah Serta Mampu Menciptakan Inovasi-Inovasi Dalam Mewujudkan Desa Yang Bersih Dan Sejahtera

    Sementara itu, Wakil Ketua APDESI Provinsi Riau H. Sutedjo mengatakan jabatan yang diemban oleh ketua APDESI sangatlah mulia, ditangan ketua kemajuan Pemerintah Desa akan tercapai, diperlukan tekad dan keikhlasan dalam memimpin suatu Organisasi.

    Selain itu dirinya mengimbau pengurus APDESI untuk selalu mengadakan Rapat Kerja untuk mengevaluasi, ia juga berharap kepada pengurus Pemerintah Desa untuk selalu bekoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Dinas PMD Kabupaten Kampar.

    Selain itu Sutedjo juga mengingatkan aparatur Pemerintah Desa untuk berhati-hati dalam penggunaan Dana Desa, Karena mengingat Sumber Daya Manusia di Desa sangatlah minim, diperlukan Kerjasama antara Pemda dan Pemerintah Desa.

    Selanjutnya, Ketua APDESI Kabupaten Kampar Junaidi, S.Ag dalam Sambutannya mengatakan Desa saat ini sangat diperhatikan oleh Pemerintah Pusat, dimana Anggaran yang dicurahkan Pemerintah Republik Indonesia sangat besar, Pemerintah Desa saat ini diberikan otonomi khusus untuk mengelola Dana tersebut.

    Disamping itu dirinya mengharapkan Pemerintah Daerah selalu membimbing pemerintah Desa dalam mengelola keuangan Desa, agar Pemerintah Desa tidak melanggar Hukum dan kesulitan dalam pembangunan Desa kedepannya.

    Junaidi juga mengajak seluruh pemerintah Desa agar bersungguh-sungguh dalam membangun Desa, dirinya juga mengajak Kepala Desa untuk tidak bosan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah agar kesejahteraan dan kemajuan Desa dapat terwujud.

    Junaidi berharap pengurus yang baru dapat menfasilitasi seluruh anggota untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menggali setiap potensi-potensi desa dalam rangka membangun dan memajukan desa untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di desa masing-masing.

    "Kita ketahui bahwa APDESI ini merupakan wadah untuk berkoordinasi antar kepala desa dalam mewujudkan pengelolaan dana desa yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran sehingga pembangunan di desa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutupnya.

    Rilis Humas Pemkab Kampar
    Editor : Canggih

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728