Poskesdes Desa Cilawan Pantai Cermin jadi tempat tinggal kadus


Sergai -  Poskesdes adalah singkatan dari pos kesehatan desa. dimana lembaga ini adalah upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang berfungsi sebagai wadah bagi kesehatan masyarakat desa. Poskesdes siap melayani segala keluhan masyarakat mengenai kesehatan desa sebelum penanganan lebih lanjut ke puskesmas lalu ke rumah sakit.
Poskesdes berperan penting terhadap tingkat kesadaran masyarakat mengenai kesehatan yang mana untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawat daruratan secara mandiri. Persediaan obat yang ada di poskesdes itu didatangkan dari puskesmas terdekat. Biasanya Obat-obat tersebut didatangkan setiap 3 bulan sekali.
Peran Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terkesan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, diketahui Poskesdes telah dijadikan  tempat Tinggal Rumah oleh oknum Kepala Dusun (Kadus) setempat.

Pos kesehatan Desa  yang terletak di Dusun 12, Desa Celawan tidak lagi beraktifitas dalam funsinya, terlihat tidak ada aktifitas pelayanan kesehatan lantaran  pintu poskesdes selalu tertutup layaknya rumah hunian.

Menurut keterangan warga disana, dahulu sebelum Poskesdes itu berdiri, lahan itu berdiri   bangunan langgar (mushollah)  kemudian tanahnya itu diwakafkan untuk pembangunan Poskesdes Desa Celawan yang diperkirakan di bangun  pada tahun 2010.

“Namun saat ini terkesan sudah tidak berfungsi dan diduga telah ditempati seorang oknum Kepala Dusun berinisial IP yang hampir 2 tahun, tinggal disitu,itupun karena menikah dengan seorang bidan inisial AZ  yang diketahui bertugas di Puskesmas Pantai Cermin,”kata warga yanh namanya tidak ingin disebutkan, Selasa (25/6) kepada wartawan.

 “Sementara Kalau ada masyarakat Yang mau berobat di bidan Desa (Bides) dipanggil  panggil gak mau keluar dan pintunya sering ditutup. Karena infonya bidan itu tugas di Puskesmas bukan di Poskesdes tersebut,”jelasnya lagi.

Ditegaskan sumber, masyarakat Desa Celawan yang ingin berobat   jadi  terkendala dan Kecewa, jadi seolah-olah Poskesdes itu hanya sebagai pajangan saja.

 “Kami berharap Poskedes ini kalau bisa diaktifkan dan dilakukan pembenahan pelayanan karena ini untuk kepentingan masyarakat. Kami kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, kalau berobat harus melalui akses yang jauh baik menuju puskesmas Pantai Cermin maupun RS Sawit Indah Perbaungan,”pungkas sejumlah warga.

Sementara saat dihubungi  wartawan melalui telepon selulernya, Kepala Desa Celawan Tuhadi membantah bahwa Poskesdes itu tidak berfungsi, namun membenarkan ditempati seorang Kadus dengan isterinya, terang kades (sarwo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.