• Breaking News

    Dinas PUSDA Kabupaten Malang Gelar Sosialisasi HIPPA Di Desa Banjarejo


    KABUPATEN MALANG - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kabupaten Malang memberikan sosialisasi pembinaan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sido Makmur di Desa Banjarejo Kecamatan Pagelaran, Rabu (31/719).
    Pada Sosialisasi pembinaan tersebut, HIPPA Sido Makmur mendapatkan materi seputar irigasi, mulai dari pemeliharaan hingga pengaturan air.

    Kepala Bidang (Kabid) Bina Manfaat (BM) PU SDA Kabupaten Malang Budi Cahyono mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan rutin ini, sebagai wujud nyata pembinaan kepada petani agar mereka bisa mandiri dan berpartisipasi aktif terhadap usaha-usaha operasi dan pemeliharaan saluran.

    “Sosialisasi pembinaan HIPPA ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada HIPPA agar bisa mandiri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya,” kata Budi.
    Selain itu, pembinaan yang dilakukan ini, juga untuk mengingatkan kembali bahwa para pengurus dan anggota harus berpijak pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) di setiap geraknya, sehingga langkah yang diambil dapat memenuhi keinginan semua anggotanya.

    Ia juga menyampaikan, upaya pembinaan HIPPA ini lebih diarahkan untuk menyediakan atau membagi air secara adil bagi anggota, mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air yang muncul di tingkat usaha tani.

    Bukan hanya itu saja, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan lembaga tani dalam menjalin kerjasama dengan pihak luar termasuk Pemerintah Daerah atau lembaga lain serta  memotivasi petani dan anggota HIPPA agar turut serta dalam kompetisi baik regional maupun Nasional, sehingga mampu bersaing dan berdaya saing dengan lembaga lain di luar wilayah Kabupaten Malang, ujar Budi.

    Dengan harapan, HIPPA yang telah dibina dan ikut kompetisi nanti, mampu menjadi pelopor dan mempengaruhi HIPPA lain untuk memperbaiki kinerjanya, baik dalam mendukung peningkatan produksi pangan maupun nilai tambah produk pertanian, yang nantinya akan bermuara pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani sekaligus mendongkrak ekonomi Desa yang bersangkutan.

    Hadir sebagai pemateri pada sosialisasi HIPPA kali ini, Gatot, Sukamto dan Ihkwan Manuni, yang masing-masing adalah mantan Pegawai Dinas PU SDA Kabupaten Malang yang telah purna tugas.


    Penulis: G ediyanto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728