• Breaking News

    Gandeng Dinas Peternakan, Satgas TMMD Ke 105 Kodim 0825/Banyuwangi Rawat Ternak Sapi Milik Warga



    BANYUWANGI Turut mensukseskan pembangunan TNI melalui TMMD 105 Kodim 0825/Banyuwangi, Dinas Peternakan Kec. Genteng Kabupaten Banyuwangi juga memberikan vitamin, obat cacing serta Pengawinan Suntik (Inseminasi Buatan)  pada ternak masyarakat Dusun Krajan Kecamatan Genteng.

    Dua personil Satgas TMMd ke 105 Kodim 0825/Banyuwangi yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut yaitu Kapten Inf Mustohir, Pastier Kodim 0825/Banyuwangi dan Kapten Inf Sutaji, Danramil Koramil Genteng, dengan cekatan kedua Perwira tersebut tidak segan segan membantu Tim dari Dinas Peternakan Kec. Genteng Kab. Banyuwangi untuk melakukan perawatan terhadap Sapi ternak milik Warga, Termasuk membantu memegang Sapi ternak yang akan diberikan suntikan Vitamin.
    Disampaikan Drh. Yeni disela-sela pemberian vitamin dan obat cacing bahwa, pakan ternak dan juga kebersihan kandang merupakan dua faktor dari banyak faktor yang menyebabkan Sapi mudah terserang cacingan. 

    “Kematian pada Sapi rentan terjadi pada usia sapih dan salah satu penyebabnya adalah cacingan. Hal ini harus benar-benar diperhatikan para peternak agar tidak terjadi kerugian kedepannya,” ucapnya.

    Menurutnya, untuk mendapatkan Sapi yang berkualitas sehingga bernilai ekonomis diperlukan pemberian nutrisi tambahan berupa vitamin dan mineral yang tidak didapat dari makanan sehari – hari.

    Vitamin A pada hewan ternak Sapi dapat menjaga kondisi mata, pertumbuhan dan perkembangan, D untuk penyerapan kalsium, memperkuat tulang dan gigi. Untuk vitamin K berfungsi mempercepat proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan pasca melahirkan, vitamin E sebagai antioksidan, meningkatkan bobot dan mempermudah pencernaan pakan. Jadi vitamin bukan hanya untuk manusia saja,” pungkasnya. 



    Autensi: Tim Tehknis Penrem 083/Bdj.
    Editor: Budi

    Post Bottom Ad