Breaking News

Jelang Keberangkatan CJH, Plt. Kadiskes Kampar Sampaikan Pesan Kesehatan

Plt. Kadiskes Kampar, Dedy Sambudi

Kampar - Jelang keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH), Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Kampar menyampaikan beberapa pesan kesehatan kepada para calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi, SKM. M.Kes, Kepada Erapublik.com, Senin (8/7/19), menyampaikan pesan agar para calon jemaah haji memeriksa secara rutin kesehatannya, asumsi makanan dengan gizi yang seimbang, serta makan sayur dan buah setiap harinya.

Dedy Sambudy juga berpesan, agar para Calon Jemaah haji meminum air mineral sebanyak 8 gelas sehari, dan stop merokok.

Lebih lanjut Dedy berpesan, agar para calon jemaah haji melakukan senam, jalan santai 3 kali seminggu selama 30 menit, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

Dedy Sambudi juga mengingatkan para Calon Jemaah Haji agar memperhatikan etika batuk dan bersin, menjaga kebersihan toilet, baik di rumah embarkasi atau asrama haji dan dipesawat.

Disamping itu, Dedy Sambudi juga mengimbau para calon jemaah haji agar menyelenggarakan syukuran tidak berdekatan dengan hari keberangkatan, minimal 1 minggu sebelum hari keberangkatan untuk menghindari kelelahan.

Dedy Sambudi juga menambahkan, agar para calon jemaah haji menyiapkan obat-obatan rutin, bila memiliki penyakit kronis seperti obat jantung, obat darah tinggi, obat gula, obat asma, obat hipertiroid, dan lain sebagainya, serta menyiapkan obat-obatan sederhana seperti obat pusing, obat demam, obat batuk pilek, obat mencret, obat mabuk perjalanan, obat luka, tetes mata, Vitamin, minyak angin ataupun obat-obatan herbal yang biasa diminum, jika wanita usia subur untuk menunda haid bisa membawa obat penunda haid, diminum 5 sampai 14 dari Hari pertama Haid Terakhir, dan pastikan semua obat yang dibawa tercatat di form yg telah disiapkan oleh petugas.

Terakhir, Dedy Sambudi berpesan, agar calon jemaah haji menyiapkan alat pelindung diri (APD), seperti Payung atau topi, kacamata hitam, masker, lotion pelembab, pelembab bibir, sunblock, semprotan air mineral, tas sederhana untuk sandal dan bekal, alas kaki pilih jangan yg jepit untuk menghindari lecet pada sela jari, dan menyimpan kartu kesehatan jamaah haji Indonesia (KKJH) dengan baik, jangan sampai hilang dan rusak, serta jangan sungkan untuk meminta bantuan Petugas kesehatan jika membutuhkan.

"Hindari Kelelahan serta Perbanyak dzikir dan do'a," tutup Dedy.

Penulis : Canggih

Tidak ada komentar