Breaking News

GEMARIKAN Kampar 2019, Kuok Raih Juara Umum Lomba masak Serba Ikan


KAMPAR - Salah satu upaya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia tak terlepas dari nutrisi yang dikonsumsi, salah satu nutrisi dan gizi yang tinggi adalah berasal dari perikanan dan produknya,

Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kampar terus memberikan dukungan dan rangsangan dan sosialisasi agar masyarakat dan generasi muda agar dapat dan mengkonsumsi makanan berasal dari ikan sejak dini dan balita. 

Melalui Dinas Perikanan dan Forum Perikanan (Forikan) Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan lomba masak menu Ikan dalam rangka Gemarikan 2019 yang diikuti oleh 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar dan sekolah di Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan oleh plh Bupati Kampar Yusri yang diwakili ketua Forikan Kabupaten Kampar, Juli Mastuti saat memberikan arahan pada saat menghadiri lomba masak ikan yang diadakan di Kampus Universitas Pahlawan Bangkinang, Kamis, (22/8/19).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Riau, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Usman Amin, Plh Ketua TP PKK Kampar  yang juga ketua Forum Ikan Kabupaten Kampar, Rektor Universitas Pahlawan Bangkinang Diwakili Usman, pengurus PKK Kabupaten Kampar dan peserta dari 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar. 

Pada lomba ini Kecamatan Kuok raih juara umum dengan raihan juara I pada menu Keluarga dan Menu Balita, serta juara II pada menu Kudapan.

Dalam kesempatan ini, Juli Mastuti menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada panitia dari Dinas Perikanan dan universitas Pahlawan yang telah menaja acara ini, semoga dengan momen Gemarikan 2019 ini SDM Kabupaten Kampar terus meningkat dengan banyak mengkonsumsi ikan khususnya bagi anak-anak dan balita.

"Apalagi Kampar sebagai salah satu penghasil ikan di Riau, Pemkab Kampar sangat mendukung terkait kegiatan ini" ujar Juli Mastuti.

Juli Mastuti juga menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang telah meraih juara, dan kepada yang belum berhasil meraih juara, Juli Mastuti berpesan agar terus berkarya dan lebih ditingkatkan lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Usman Amin yang diwakili oleh Sekretaris Perikanan Zulfahmi mengatakan, pelaksanakan Gemarikan 2019 di Kabupaten Kampar  telah berjalan dengan baik. 

"Melalui kegiatan ini kita terus mensosialisasikan dan memasyarakatkan agar kita mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3 dan omega 8 dan kandungan gizi lain yang sangat tinggi," terang Zulfahmi 

Sementara itu penanggung jawab kegiatan, Helmi dalam arahannya menyampaikan Kegiatan Gemarikan 2019 Kabupaten Kampar yang diperlombakan ini diikuti oleh Pengurus PKK dari 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar dan inovasi masakan yang ditampilkan generasi Muda dari berbagai sekolah di Kabupaten Kampar, begitu juga mengadakan live cooking, Bazaar pengelolaan ikan.

"Keluarga sehat negara kuat, tema ini untuk kita jadikan pijakan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan," katanya.

Dijelaskan Helmi, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai untuk TK yang diikuti oleh 30 orang dari Bangkinang dengan mengambil tema melukis ikan.

"Kepada pemenang akan diberikan apresiasi dan piala kepada pemenang serta juara umumnya yang akan mewakili Kampar pada tingkat Provinsi Riau," terang Helmi.

Sementara Chef Rudi yang sehari-hari sebagai cheef di Hotel pengeran Pekanbaru dengan didampingi oleh juri dari PKK Kampar Jasniwarti Herlin menjelaskan, bahwa indikator penilaian terdiri dari unsur kreatifitas, inovasi, rasa cara masak, kebersihan dengan menggunakan ikan  Lele, nila dan ikan tenggiri.

"Kampar sangat kaya akan komoditas dan ramuan masak, bahkan Kampar sangat terkenal dengan masakan tradisional yang telah sampai ke tingkat Nasional maupun mancanegara," ungkap Cheef Rudi yang juga merupakan ketua Ikatan Indonesia Chef Asosiation Riau tersebut.

Dikatakan Chef Rudi, Lomba masak menu ikan ini menyajikan masakan yang serba ikan, sehingga bagi pemenang akan dipersiapkan menjadi wakil Kabupaten kampar untuk lomba masak ikan Provinsi Riau.

"Kita yakin bisa karena untuk tahun kemarin saja Riau meraih juara III Untuk tingkat nasional dan berasal dari Kabupaten Kampar," pungkasnya.

Berikut Para juara pada Lomba masak ikan yakni pada Menu keluarga  juara I diraih oleh Kecamatan Kuok, juara II Tambang dan juara III Kecamatan Kampar Kiri. Sedangkan Untuk menu Balita Juara I Kecamatan Kuok, juara II Tambang, Juara III Kecamatan Salo.

Sementara untuk menu Kudapan, juara I Kecamatan Tambang, juara II Kecamatan Kuok dan Juara III diraih Kecamatan Kampa.

Sementara itu peraih juara pada lomba masak serba ikan kategori inovasi remaja dengan menu kudapan Juara I diraih Putri Rahmadani Fauzan juara II oleh  Widya Rahmadani putri jaura III Fitri. Sedangkan untuk menu Keluarga  juara I diraih Gusmayanti Siregar Dari SMK Al Faruqi Kualu, Jaura II dengan nama Mariani dari Polkam, Juara III diraih oleh Wenti dari Universitas Pahlawan,

Sementara untuk peraih juara mewarnai diraih oleh juara 1 Kanza Az-Zahra, juara  2 Latifah ihnanidan juara 3 Siena. 

Rilis Diskominfo Kampar
Editor : Canggih

Tidak ada komentar