• Breaking News

    Idul Adha 1440 H, Keluarga Besar Sekda Rohil Qurban 3 Sapi Dan 3 Kambing


    ROKAN HILIR-Keluarga Besar Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir melakukan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan Tiga (3) ekor sapi dan Tiga (3( ekor kambing disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Rohil, Drs H Surya Arfan, didampingi Asisten I Bidang Pemerintah H Ferry Farya.

    “ Karena ini perdana ya, Alhamdulillah dapat kami kumpulkan tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing,” terang Surya Arfan, dilokasi pemotongan di halaman Kantor Bupati Batu Enam, Senin 12 Agustus 2019 pagi.

    Lanjut Surya Arfan," ini merupakan suatu bentuk rasa kebersamaan diantara staf di lingkungan Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir berbagi kepada yang kurang mampu, dimana nanti daging kurban akan dibagikan kepada yang berkurban, kepada staf-staf, juga kepada petugas cleaning service, para supir, kemudian kepada penjaga malam dan Satpol PP yang berjaga di kantor bupati," jelasnya.

    “Jadi yang menerima itu nanti ada sekitar (388) penerima kurban. Mudah-mudahan ini cukup ya, sapi tiga ekor, dan kambing tiga ekor,” ujar Surya Arfan.

    Ini dalam rangka untuk menunjukkan kebersamaan dan saling berbagi kepada yang membutuhkan, untuk tahun depan dibentuk panitia kurban di sekretariat daerah, dan nantinya bagi teman-teman staf di sekretsriat daerah yang ingin berkurban sebutnya dapat mencicil setiap bulannya sebesar Rp. (300.000,) Rupiah, sehingga nantinya tidak merasa berat ketika waktu Idul Adha, tiba," paparnya.

    Dengan adanya metode seperti ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran dari pada umat muslim, terutama di lingkungan sekretariat daerah dalam rangka untuk menyisihkan sebahagian rejekinya, untuk sesama.

    Sekda berkeyakinan dengan metode yang dilakukan pada hari raya kurban pada Idul Adha kali ini diharapkan pada tahun mendatang, lebih banyak lagi daripada tahun yang sekarang.

    “ Sekarang saja yang hanya dalam tempo satu minggu berdiskusi dengan teman-teman kita bisa persiapkan dan terkumpul tiga ekor sapi dan kambing, sehingga dengan adanya cicilan seperti ini diharapkan kurban tahun depan akan lebih ramai lagi, daripada tahun ini,” ucap Sekda Surya Arfan.

    Sapi-sapi yang di kurbankan pada perayaan Idul Adha 1440 H tahun ini didapat dari peternak Desa Tanjung Melawan di Kecamatan Tanah Putih, dengan bobot sekitar (70) sampai dengan 80 kilogram per ekor. “Alhamdulillah, ini sapinya cukup sehat sekali dan cukup berisi dengan bobot sekitar 70 sampai dengan 80 kilogram per ekor,” pungkasnya.

    Adapun jumlah pemotongan hewan kurban di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten  Rokan Hilir tahun 2019, sebagai berikut:

    1. Sekretariat Daerah (Setda) Rohil Tiga (3) ekor sapi, Tiga (3) ekor kambing pelaksanaan, Senin di kantor bupati batu enam. 2. Inspektorat 3 ekor sapi. Pelaksanaan 2 ekor sapi di masjid agung, 1 ekor di kantor inspektorat. 3. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian 1 ekor sapi, pelaksanaan Selasa di kantor DKP.

    4. Disnaker 1 ekor sapi pelaksanaan minggu. 5. Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing pelaksanaan Senin di kantor Perkim. 6. Sekretaris Dewan (Setwan) Rohil  1 ekor sapi, pelaksanaan di Mushala Alwaris. 7. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) 3 ekor sapi, pelaksanaan Minggu di kantor PUTR.

    8. Dinas Kesehatan (Diskes) 1 ekor sapi dilaksanakan Senin di kantor Diskes Rohil. 9. Bappeda Rohil  6 ekor sapi. Pelaksanaan 3 ekor di Masjid AL-Ikhlas, 1 ekor di Masjid Khairunnas, kemudian 1 ekor di Mushala  Alhikama, dan 1 ekor di  Masjid AL Jihad. 10. Persatuan Dharma Wanita 1 ekor sapi, pelaksanaan Minggu di Masjid Khairunnas.

    11. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Rokan Hilir 1 ekor sapi di sembelih  di kantor Disparpora  pada hari Senin 12 Agust 2019.



    Sumber: suarabirokrasi.com.
    Editor: Toni Octora.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728