Breaking News

Lomba Dokter Kecil Award Berlangsung Seru, Siswi SDN 014 Koto Bangun Juara Tingkat Kabupaten Kampar

Tampak, Ketua IDI Cabang Kampar menyerahkan Piala kepada juara Lomba Dokter Kecil Award

KAMPAR - Perlombaan Dokter Kecil Award yang ditaja oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kampar dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HDBI) ke 111 tahun, di aula kantor Bupati Kampar, Rabu (7/8/19) berlangsung seru.

Setelah berhasil menyisihkan 25 peserta lomba, akhirnya Siswi SDN 014 Koto Bangun ALMIRA SALWA KHAIRANI berhasil menjadi juara lomba Dokter Kecil tingkat kabupaten Kampar.

Lomba Dokter Kecil Award yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kampar ini merupakan program unggulan IDI cabang Kabupaten Kampar yang akan dilaksanakan secara rutin pada setiap tahunnya.

Ketua IDI Cabang Kampar, dr. Nur Aisyah, M.Kes mengatakan, Dokter  kecil adalah peserta didik yang dipilih  guru guna ikut melaksanakan sebagian  usaha pelayanan kesehatan terhadap  diri sendiri, keluarga, teman sesama murid pada khususnya, dan sekolah pada umumnya.

Dijelaskan dr. Nur Aisyah, ada beberapa kriteria untuk menjadi pemenang dalam lomba ini, yaitu peserta harus memenuhi persyaratan sebagai dokter kecil dan harus mengikuti serangkaian tes seperti ujian tulis dan mengarang tentang tema-tema kesehatan yang sudah ditentukan, wawancara tentang program dokter kecil dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), psikologi dan sikap serta wawasan kesehatan. Seluruh peserta juga melakukan penyuluhan dengan tema kesehatan dihadapan juri dan seluruh hadirin yang memenuhi ruangan aula Kantor Bupati Kampar.

"Seluruh peserta adalah pemenang lomba, karena telah menampilkan kelebihannya masing, hanya saja ada yang sedikit lebih baik dan siap sehingga akhirnya ananda Almira Salwa Khairani yang jadi pemenang," terang dr. Nur Aisyah.

Sementara itu, Sekretaris IDI Cabang Kampar, dr. Firdaus P Sabri menuturkan, persyaratan menjadi dokter kecil adalah telah menduduki kelas 4 Sekolah Dasar/Madrasah  Ibtidaiyah, sudah 6 bulan mendapat pelatihan dan menjadi dokter kecil di sekolahnya, berprestasi, berbadan sehat, memiliki watak pemimpin dan bertanggung jawab, berpenampilan bersih dan berperilaku sehat serta berbudi pekerti baik dan suka menolong.

"Juara dokter kecil ini akan kembali dibina oleh Puskesmas bersama IDI Cabang Kampar untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Riau, semoga juara dokter kecil kita bisa menjadi duta kesehatan dilingkungannya dan terus berprestasi sehingga bisa juga menjadi juara ditingkat Provinsi," tutup Firdaus.

Penulis : Canggih

1 komentar: