Breaking News

PHE Siak Sosialisasi Seismik 2D Kepada Pemda Rohil



ROKAN HILIR- Berkomitmen dalam upaya penambahan cadangan Minyak dan Gas Bumi (migas), PT Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak) akan segera melaksanakan Survey Sesimik 2D di Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis, Kamis 29 Agustus 2019.

Ketergantungan Energi di Indonesia yang bersumber dari bahan bakar Minyak menyebabkan cadangan migas Nasional mengalami penurunan yang signifikan, sedangkan penemuan cadangan migas baru sangat sedikit. 

Dibawah pengawasan dan pengendalian Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu  Minyak dan Gas bumi (SKK Migas), PHE Siak berharap melalui Survey Seismik dapat mengetahui potensi keberadaan cadangan migas di Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis. PHE Siak akan melakukan aktivitas Survey Seismik 2D dengan total panjang lintasan (423) Km. 

Survey Seismik merupakan aktivitas eksplorasi dengan melakukan perekaman data di bawah tanah untuk mengetahui potensi keberadaan cadangan minyak dan gas bumi. Untuk melakukan perekaman data bawah tanah tersebut, PHE Siak akan melakukan penjalaran gelombang di bawah permukaan menggunakan sumber getar dan penerima getar yang dibentangkan di atas permukaan tanah. 

Data yang diterima oleh penerima getar tersebut kemudian diolah untuk melihat potensi keberadaan cadangan migas yang terkandung di dalam tanah tersebut. Sebelum melakukan survey seismik 2D, PHE Siak melakukan sosialisasi kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir di Bagansiapiapi, Rabu (28/8). Sosialisasi tersebut dilakukan agar perangkat peemrintahan daerah di Roka Hilir dapat mendukung kegiatan tersebut.

General Manager PHE Siak Rizaldi Winanto dalam kesempatan itu mengatakan," aktivitas seismik merupakan program pemerintah dalam rangka pencarian cadangan migas. “Jika aktivitas seismik ini sukses menemukan potensi cadangan migas yang cukup besar tentu akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar Rizaldi. 

Kegiatan survey seismik 2D ini akan dilakukan selama (3,5) Bulan sejak awal September dan akan melibatkan Pekerja lokal, sehingga bisa bermanfaat langsung dari aktivitas ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengatakan," Perangkat pemerintah daerah di Kabupaten Rokan Hilir akan mendukung penuh pelaksanaan survey seimik 2D yang dilakukan oleh PHE Siak.” Pada kesempatan tersebut, beliau juga meminta agar PHE Siak memperhatikan dan terus berkoordinasi dengan pemerintah Desa dan tokoh masyarakat sekitar agar aktivitas dapat berjalan lancar," jelas H Suyatno Amp.

Setelah melakukan sosialisasi kepada perangkat pemerintah daerah, PHE SIak juga akan melakukan sosialisasi berjenjang kepada masyarakat.




Editor: Toni Octora.

Tidak ada komentar