Breaking News

Responsif! Plt Kadiskes Kampar Jenguk Siswi SDM 010 Air Tiris Yang Dirawat Akibat Keracunan Makanan


KAMPAR - Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Dedy Sambudi, SKM, M.Kes jenguk siswi sekolah dasar muhammadiyah (SDM) 010 Air Tiris yang sedang menjalani perawatan di Puskesmas Air Tiris akibat keracunan makanan/jajanan, Selasa malam (27/8/19) sekira pukul 23. 30 WIB.

Pantauan awak media, jumlah siswi  yang keracunan makanan/jajanan yang dirawat di Puskesmas Air Tiris untuk saat ini berjumlah 3 orang, yakni siswi kelas 1, kelas 4 dan kelas 5, dan ketiganya merupakan siswi SDM 010 Air Tiris.

Menyikapi hal ini, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi, SKM, M.Kes mengatakan, bahwa besok (Rabu, Red) tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar akan turun langsung ke sekolah tersebut untuk melakukan investigasi atau yang disebut dengan Penyelidikan Epidemiologi.

"Kita akan melihat kemungkinan-kemungkinan penyebab dari keracunan makanan, bisa dari bahan makanan, bisa dari cara pengolahan makanan, atau dari vektor (penyakit yang disebabkan oleh binatang)," ujar Dedy.

Dedy Sambudi juga menjelaskan, bahwa Dinas Kesehatan Kampar mempunyai program yang dinamakan UKS, yang mana harusnya pihak Puskesmas dan Sekolah berkolaborasi untuk menciptakan kantin sehat sehingga hal-hal seperti ini tidak ditemukan lagi atau dapat dihindari.

"Sekarang kan di sekokah tersebut belum ada kantin sehat, jadi penjual makanan/jajanan masih ada yang berada di luar sekolah, dan tidak bisa kita kontrol," terang Dedy.

Terakhir Dedy Sambudi menegaskan, bahwa kedepannya Dinas Kesehatan akan bersinergi dengan Dinas Pendidikan untuk mewujudkan kantin sehat di setiap sekolah.

"Saya akan buat edaran kepada seluruh Puskesmas di kabupaten Kampar, agar berkolaborasi dengan pihak sekolah mewujudkan kantin sehat," tutup Dedy.

Penulis : Canggih

Tidak ada komentar