Breaking News

1 Suro: Masyrakat Desa Srigonco Lakukan Larung Sesaji dan Pagelaran Wayang Kulit


KABUPATEN MALANG - Dalam rangka  Peringatan 1 Suro atau 1 Muharram 1441 H/2019 M, masyarakat Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, Senin (2/9/19) melakukan ritual Larung Sesaji dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Pantai Balekambang.

Ritual Larung Sesaji ke-113 yang dilajukan kali ini, dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Srigonco Bambang Setyono.

Pada acara Larung Sesaji tersebut, dihadiri Dirut PD Jasa Yasa Kabupaten Malang yang sekaligus pengelola Pantai Balekambang Ahmad Faiz Wildan.
Selain itu, juga tampak hadir Kepala Disparbud Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara, SH MSi beserta sejumlah Muspika Bantur dan tokoh masyarakat.

Dirut PD Jasa Yasa menjelaskan, Ritual yang dilakukan masyarakat Srigonco ini, sebagai upaya mempertahankan budaya leluhur. Dan ini digelar rutin tiap tahun secara turun temurun. Selain itu, acara ritual ini juga telah  menjadi daya tarik wisata.

Untuk itu, kedepannya akan dikemas semenarik mungkin, agar dapat menarik lebih banyak lagi minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Balekambang, ujarnya.

Sebelumnya kata Wildan, pada malam 1 Suro, masyarakat dan pengunjung wisata juga telah dihibur dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Dengan demikian, acara tanda syukur kita kepada tuhan yang Maha Esa ini, harus dilestarikan, pungkas Gus Wildan sapaan akrab Dirut PD Jasa Yasa itu.



Penulis: G ediyanto

Tidak ada komentar