• Breaking News

    Bakar Lahan, M Di Proses Ke Polsek Panipahan



    ROKAN HILIR- Tim Ospanla Polsek Panipahan telah berhasil menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan yang terjadi pada hari Senin 16 September 2019 dengan titik Koordinat: N 2°44'15"E 100°32,21132,2'11" di Jalan Darul Sofa Rt 04 Rw 02 Dusun Darul Ikhsan Kep. Panipahan Laut Kec. Pasir Limau Kapas Kab. Rohil.

    Pelaku Pembakaran lahan dan hutan di Panipahan yaitu, M (58) Alias Ombing yang beralamat di Jalan Darul Sofa Rt 004 Rw 002 Dusun Darul Ikhsan Kep. Panipahan Laut dan pelapor atas kebakaran tersebut yaitu Nestor H Nababan (33) yang beralamat di Asrama Polsek Panipahan. Luas lahan yang terbakar lebih kurang 20X20 M.

    Saksi-saksi yang berada di tempat kejadian perkara (Tkp) kebakaran yaitu Serma Herry Kalman (45) anggota TNI yang beralamat di Kantor Pos Ramil Panipahan dan Khairul (29) Phl TNI yang beralamat di Jalan Bijaksana Kep. Panipahan Kec. Pasir Limau Kapas. Barang bukti (Bb) yang ditemukan berupa Satu (1) buah mancis warna kuning, Sepuluh (10) batang Kayu bekas terbakar yang terdiri dari berbagai ukuran panjang. 

    Pasal yang di persangkakan terhadap pelaku pembakaran lahan dan hutan yaitu Pasal 108 Jo pasal 69 Ayat 1 Yo Pasal 98 Ayat 1 Yo Pasal 99 Ayat 1  UU RI NO. 32 Thn 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolahan Lingkungan Hidup Yo Pasal 108 Yo Pasal 56 Ayat 1 UU RI Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.

    Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Panipahan Iptu Zulmar SH didampingi Kasubag Humas Polres Rohil Akp Juliandi SH mengatakan," kronologis terjadinya pembakaran lahan dan hutan tersebut terjadi pada hari Senin Tanggal 16 September 2019 sekira Pukul 17:00 Wib.

    Saksi Serma Herry Kalman dan saksi Khairul sedang melaksanakan Patroli di Jalan Darul Sofa RT. 04 RW.02 Dusun Darul Iksan Kep. Panipahan Laut Kec. Pasir Limau Kapas Kab. Rohil dan saat itu kedua saksi melihat ada titik api diperkebunan. Setelah itu saksi Serma Herry Kalman menanyakan kepada aparat Desa tentang siapa pemilik lahan dan siapa yang telah membakar lahan tersebut.

    Kemudian diketahui bahwa yang telah membakar lahan tersebut ialah saudara M Als Ombing. Mengetahui hal tersebut kemudian saksi beserta  aparat Desa menjemput saudara M yang saat itu sedang berada dirumahnya.

    Atas pengakuan M bahwa memang dia yang telah membakar lahan tersebut, yang mana ia telah membakar lahan tersebut pada hari Minggu tanggal 15 September tahun 2019 sekira Pukul 17:00 Wib, dengan menggunakan Satu (1) buah mancis warna kuning, yang tujuan membakar lahan tersebut adalah untuk bercocok tanam jenis tanaman serai.

    Atas pengakuan M kemudian saksi langsung mengamankan diduga pelaku yang bernama M Alias Ombing. Pada hari Senin Tanggal 16 September 2019 sekira Pukul 19:05 Wib, saksi beserta anggota Babinsa lainya menyerahkan diduga pelaku M Alias Ombing ke Polsek Panipahan guna Proses lebih lanjut. 





    Press Release: Hms Polres Rohil.
    Editor: Toni Octora.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728