• Breaking News

    Kabar Gembira, Puskesmas Kampar Launching Posko Kesehatan Gratis Bagi Warga Terdampak Asap


    KAMPAR - Kabar gembira, Puskesmas Kampar yang berlokasi di jalan raya Pekanbaru-Bangkinang kelurahan Air Tiris launching posko kesehatan gratis yang dibuka 24 jam bagi seluruh masyarakat sekitar maupun masyarakat pengguna jalan Pekanbaru-Bangkinang yang mengalami gangguan kesehatan dampak bencana kabut asap, Sabtu (14/9/19).

    Kepala Puskesmas Kampar, Drg. Rita Herawati yang juga merupakan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kampar ini kepada Erapublik.com mengatakan, sebagaimana intruksi Plt Kepala Dinas Kesehatan Kampar, menyikapi kualitas udara yang semakin memburuk, maka kami diintruksikan untuk membuka posko kesehatan gratis bagi warga yang terdampak kabut asap.

    "Berdasarkan intruksi itulah, hari ini kami launching Posko Kesehatan Gratis bagi warga yang terdampak kabut asap di Pukesmas Kampar," ujarnya.

    Dijabarkan Drg. Rita Herawati, Adapun Fasilitas yang disediakan,  diantaranya, Ruangan Observasi dan Rawat Inap, Bantu Oksigenisasi, Nebulizer, Masker Single Use, Air Mineral, serta teh dan kopi panas.

    "Seluruh layanan dan fasilitas di Posko Kesehatan Puskesmas Kampar ini dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh masyarakat," ungkapnya.

    Drg. Rita Herawati juga menjelaskan, adapun data kunjungan pasien lama dan pasien baru seluruh jejaring Puskesmas Kampar dari agustus sampai sekarang, yakni jumlah kunjungan pasien untuk ISPA 1.235 kunjungan, Asma 38 kunjungan, dan Iritasi Mata 34 kunjungan.

    "Data Kunjungan pasien ini juga dihimpun dari Klinik Pratama, Praktek Dokter Mandiri, dan Praktek Bidan Mandiri yang dikoordinir oleh Petugas Surveilans Puskesmas Kampar," jelasnya.

    Drg. Rita Herawati juga menambahkan, meskipun baru launching, namun layanan-layanan tersebut sudah diberikan sejak awal mulanya kabut asap pada bulan agustus lalu.

    "Rata-rata pasien dampak asap hanya diobservasi di ruangan khusus, tidak ada yang sampai dirawat inap karena belum ada kasus yang terlalu berat, dan sejak dilaunchingkannya hari ini, sudah ada 1 orang pasien yang dirawat akibat dampak kabut asap" imbuhnya.

    Dengan telah dilaunchingkannya Posko Kesehatan Dampak Bencana Asap di Puskesmas Kampar ini, Drg. Rita Herawati mengimbau agar masyarakat yang terdampak kabut asap dapat memanfaatkan layanan dan fasilitas yang disediakan di Posko Kesehatan Puskesmas Kampar ini, baik masyarakat tempatan maupun masyarakat pengguna jalan yang melintasi Jalan Raya PekanBaru - Bangkinang.

    Penulis : Canggih

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728