• Breaking News

    Pemerintah Desa Sungai Pinang Taja Pelatihan Komputer, Kades : Kedepan Pelayanan Berbasis Online


    KAMPAR - Pemerintah desa Sungai Pinang kecamatan Tambang taja pelatihan komputer bagi seluruh perangkat desa, pengurus BUMDes dan warga desa Sungai Pinang.

    Kepala Desa Sungai Pinang, Rusman kepada Erapublik.com, Senin (7/10/19) mengatakan, bahwa kegiatan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa dalam bentuk kegiatan pelatihan komputer ini dilaksanakan selama 20 hari.

    "Pelatihan komputer ini dilaksanakan selama 20 hari, dan hari ini (Senin, Red) penutupan kegiatan pelatihannya," ungkapnya.

    Dikatakan Rusman, memang masih ada beberapa perangkat desa dan pengurus BUMDes dan pemuda desa Sungai Pinang yang belum menguasai komputer, untuk itu mereka yang belum menguasai komputer diprioritaskan untuk mengikuti pelatihan ini.

    "Mau tidak mau, suka tidak suka, wajib mereka menguasai komputer," tegas Rusman.

    Rusman juga menjelaskan, untuk tutor pelatihan komputer ini didatangkan dari pekanbaru, dan kebetulan merupakan menantu dari warga desa Sungai Pinang (menantu anggota LPM, Red).

    Selanjutnya Kepala Desa Sungai Pinang, Rusman berharap setelah perangkat desa mengikuti pelatihan komputer ini, pelayanan publik pemerintah desa Sungai Pinang tidak lagi dengan cara manual.

    "Selama ini pelaporan data penduduk masih manual, dan kedepan akan kita lakukan sistem berbasis online, jadi nanti apabila ada warga yang meninggal, pindah dan datang tinggal entry saja, begitu juga dengan data surat tanah, yang mana saat ini untuk mencari data surat tanah masih bolak balik berkas, maka kedepan apapun data yang diperlukan terkait surat tanah sudah lengkap di sistem komputer," terangnya.

    Terakhir, Rusman juga berpesan kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan komputer ini benar-benar memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh serta memberikan motivasi kepada pemuda-pemuda warga desa Sungai Pinang lainnya untuk senantiasa mau berlatih.

    "Ilmu yang diperoleh hendaknya dapat dimanfaatkan dan ditularkan kepada pemuda-pemuda warga desa Sungai Pinang lainnya, karena sarana dan prasarana telah kita siapkan," tutupnya.

    Penulis : Canggih

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728