• Breaking News

    Salut! Kunjungi dan Bantu Warga Sakit Kanker, Dinkes dan PMI Kampar Diapresiasi


    KAMPAR - Atas aspirasi yang disampaikan oleh Aliansi Mahasiswa Peduli Kampar (AMPEK) terkait dengan pelayanan kesehatan yang menimpa masyarakat karena adanya warga balung yang menderita sakit Kenker, Pemkab Kampar bergerak cepat dengan langsung menurunkan tim kesehatan untuk mengunjungi pasien yang bertempat tinggal di Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar, Selasa, (15/10/19).

    Kedatangan Tim telah di tunggu oleh pihak keluarga, Perangkat Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar, dan Pegawai Pustu Desa Balung.

    Atas informasi yang disampaikan oleh mahasiswa, Pemkab Kampar memerintahkan Dinas Kesehatan dan PMI untuk menindak lanjuti laporan tersebut dengan turun langsung menjenguk pasien yang bernama Desi Nasrun (38 Tahun) yang telah menderita Kanker selama hampir 2 tahun ini.

    Pasien dan keluarga beserta perwakilan mahasiswa memberikan apresiasi yang tidak terhingga kepada Pemkab Kampar atas kunjungan Tim dari Dinas Kesehatan, PMI dan mahasiswa kampar tersebut.

    "Kami atas Nama mahasiswa mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kampar khususnya Dinas Kesehatan dan PMI yang bergerak cepat terhadap pasien Kanker di Desa Balung ini," ujar Rahman yang didampingi Dedi dan Teza Perwakilan mahasiswa yang ikut langsung mengunjungi pasien bersama tim kesehatan.

    Menurutnya, hari ini merupakan hari yang berbahagia karena pasien kanker ini dapat dikunjungi Pemkab Kampar, semoga apa yang menjadi keluhan selama ini dapat terobati.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedi Sambudi yang diwakili oleh  Kabid Sumber Daya Kesehatan Poppy R mengatakan, bahwa Dinas kesehatan terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemkab Kampar juga terus berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya tenaga kesehatan dan sarana dan prasarana kesehatan di Puskesmas dan Pustu di Seluruh wilayah Kabupaten Kampar.

    "Memang atas kondisi yang diderita oleh ibu Desi Nasrun (38 Tahun) dengan 3 orang anak dan penghasilan yang pas-pasan
    merupakan kondisi yang sangat memprihatinkan, oleh sebab itu atas instruksi dari Pimpinan Tim dari Dinas kesehatan melihat langsung kondisi pasien yang sakit ini," ungkap Poppy.

    Pada kesempatan ini, Poppy juga meminta Pustu Balung agar dapat memberikan obat dan pemeriksaan bagi Desi Nasrun sebelum melakukan kemoterapi di Pekanbaru.

    "Apapun yang kita miliki di Pustu kita siap untuk diberikan kepada pasien yang sangat membutuhkan ini," katanya.

    Sementara itu Zamri suami Desi Nasrun  mengatakan, bahwa Desi telah melakukan berbagai cara mengobati agar ia sembuh dari penyakitnya, sampai ke Sumatera Barat, dan saat ini rutin berobat ke RSUD Arifin Ahmad, yang memerlukan banyak biaya, dan kami pun telah dibantu oleh berbagai pihak mulai dari Desa, ambulan desa maupun dari Mahasiswa.

    "Dengan pekerjaan sebagai Petani tentunya ini sangat berat, terimakasih yang tidak terhingga kami sampaikan kepada Pemkab Kampar atas kunjungan dan bantuannya," ungkapnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Iwal yang mewakili keluarga Desi.

    "Terima kasih kepada pihak Pemkab Kampar melalui Dinas Kesehatan dan mahasiswa, kondisi yang dialami saat ini keterbatasan biaya dan akses jauh. Ia berharap perkembangan dan langkah Kedepan terhadap penanganan pasien ini agar dapat dibantu," Pinta Iwal.

    Iwal juga menyampaikan rasa syukur dan harunya terhadap kunjungan dan bantuan dari Pemkab Kampar.

    "Alhamdulillah Pemkab Kampar berkesempatan mengunjungi pasien ini, dan kami ucapkan ribuan terimakasih," imbuhnya.

    Pantauan awak media, pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan sembako dan uang santunan kepada pasien.

    "Semoga ini dapat dimanfaatkan, mungkin ini tidak seberapa namun ini merupakan bentuk kepedulian kami," tutupnya sembari menyalami dan mengelus Pasien yang sedang terbaring sakit tersebut.

    Penulis : Canggih/rls

    Post Bottom Ad