• Breaking News

    Bupati Buka Workshop Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Anggaran Tahun 2020


    KAMPAR - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH usai membuka secara resmi Lauching SIDAMRI dan Pembekalan Bagi Camat, Lurah dan Kepala Desa di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar langsung membuka Workshop Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Anggaran Tahun 2020 di Hotel Altha Bangkinang, Kamis (21/11/19).

    Bupati Kampar dalam kesempatan tersebut juga didampingi Kepala Bagian Dicky Rakhmadi, SE, Nara Sumber dari LKPP RI Imam Arumsyah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta 40 orang peserta, yang terdiri dari PA, KPA dan PPK.

    Sebelum membuka secara resmi acara Workshop tersebut dalam sambutannya Bupati Kampar menyampaikan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar yang membawa Bangsa  Indonesia menuju paradigma baru memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Persaingan dalam era globalisasi tidak hanya untuk organisasi swasta namun juga untuk organisasi pemerintah (K/L/PD) terlebih adanya perjanjian dagang antar negara (G2G) yang menuntut keterhubungan dan keterbukaan antara satu dengan yang lain. Dalam gerbong pasar bebas saat ini, organisasi pemerintah harus ikut ambil bagian dan aktif untuk melakukan terobosan, kreativitas dan inovasi yang bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai konsumen akhir pemerintah.

    “Diperlukan Keseriusan Pemerintah Daerah untuk memperbaiki dan mengutamakan pelayanan dalam wujud barang/jas," ujar catur.

    Selanjutnya, Catur Sugeng susanto juga menyampaikan Untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan tata kelola pemerintah yang baik (good governance) yaitu pemerintahan yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan bertanggungjawab.

    Catur Sugeng juga mengatakan Pemerintah Daerah mempunyai tanggungjawab yang berat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program/kegiatan yang ada pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam melaksanakan program dan kegiatan tersebut, tentu saja harus melalui tahapan-tahapan di mulai dari perencanaan, persiapan pengadaan, persiapan pemilihan, pelaksanaan kontrak sampai dengan serah terima barang/jasa. 

    Bupati Kampar dalam arahannya juga berpesan PA/KPA dan PPK untuk betul-betul memahami peran penting perencanaan pengadaan barang/jasa, yang diawali dengan melakukan merencanakan pengadaan sesuai hasil identifikasi kebutuhan, melaksanakan pengadaan secara tepat waktu dengan memperhtiungkan waktu tender, waktu pelaksanaan kontrak sampai dengan waktu serah terima pekerjaan. Dan yang perlu mejadi perhatian kita bersama adalah penetapan personil diantaranya membuat SK Pengelola Pelaksana Kegiatan seperti SK PPK, Tim Teknis sampai dengan Tim PPHP tidak lagi menghambat proses pengadaan.

    Penulis : Canggih/Humas

    Post Bottom Ad