• Breaking News

    Bupati Launching SIDAMRI Sekaligus Pembekalan Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Kampar


    KAMPAR - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH secara resmi membuka Pembekalan Camat, Lurah Dan Kepala Desa Se-kabupaten Kampar sekaligus meresmikan Launching SIDAMRI di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Kamis (21/11/19). Acara tersebut ditaja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar.

    Turut hadir dalam kesempatan Launching SIDAMRI tersebut diantaranya Kepala Balai PMD Provinsi Lampung Drs. Efendi, M,Si, Guru besar Universitas Islam Riau Prof. DR. Yusri Munaf, SH, M. HUM, Kepala BPKP provinsi Riau Ikhsan Fuadi, Kepala Dinas PMD Provinsi Riau Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Para Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-kabupaten Kampar. 

    Dalam sambutannya Bupati Kampar menyampaikan program SIDAMRI (Sistem Informasi Menuju Desa Mandiri) merupakan jawaban terhadap tantangan perencanaan pembangunan Desa di era 4.0 yang memadukan sinergitas arah kebijakan RPJMD dan Renstra OPD yang selaras Dengan RPJMDES dan RKADES berdasarkan prioritas kebutuhan program kegiatan di desa.

    Dalam arahannya Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan dengan pengembangan sistem informasi desa menuju desa Mandiri yang berbasis data indeks Desa membangun atau IDM, data tersebut digunakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani pengentasan Desa tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri.

    Catur Sugeng Susanto juga memaparkan saat ini di Kabupaten Kampar terdapat satu desa Mandiri yakni Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan, 24 desa maju, 148 Desa berkembang, 52 Desa tertinggal dan 17 desa sangat tertinggal. Dirinya juga berpesan agar OPD dapat menyusun rencana strategis OPD berbasis data IDM serta mendampingi Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan Desanya.

    Diakhir arahannya Bupati Kampar juga berpesan kepada Camat, Lurah serta Kepala Desa untuk meningkatkan kapasitas peserta pembekalan, dalam melakukan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Desa, yakni RPJMDESA yang berkualitas, selaras dengan perencanaan daerah, serta memiliki daya ungkit terhadap peningkatan status kemandirian desa.

    Sebelum Bupati Kampar memberikan arahannya Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan dalam laporannya menyampaikan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam Rakornas Forkopimda pada 14 Nopember 2019 yang lalu telah menyampaikan arah Kebijakan pembangunan nasional untuk lima tahun mendatang berupa lima prioritas pembangunan nasional diantaranya pembangunan SDM, Infrastruktur, penyederhanaan Regulasi, reformasi Birokrasi, serta transmorfasi ekonomi.

    Selanjutnya Febrinaldi Tridarmawan juga menyampaikan pada Rapat kerja Kepala Desa Se-provinsi Riau dibahas pembinaan dan penataan wilayah Desa dan Desa Adat, penyelenggaraan pembangunan kawasan perdesaan, pelaksanaan bantuan keuangan (Bankeu) khusus dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Kabupaten/Kota yang membutuhkan rencana tindak lanjut dan Sinkronisasi program dan kegiatan di tingkat pemerintahan Kabupaten dan Pemerintahan Desa.

    Penulis : Canggih/Humas

    Post Bottom Ad