• Breaking News

    Kepala Sekolah SD N 018 Diduga Kutip Uang Sampul Raport Sebesar Rp. 75.000, Rupiah





    ROKAN HILIR- Dugaan pungli yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah SD N 018 Kel. Balai Jaya Kota Kec. Balai Jaya tehadap muridnya mengenai sampul ganti raport baru yang dipungut biaya sebesar Rp. (75.000,) Rupiah, Kamis 14 Nopember 2019.

    Salah satu wali murid warga Kec. Balai Jaya yang enggan disebutkan namanya mengatakan," kenapa uang ganti sampul raport di Sekolah Dasar Negri 018  Kec. Balai Jaya Kel. Balai Jaya Kota ini cukup besar, dan pihak komite dari Sekolahpun tidak ada mengadakan musyawarah terhadap semua wali murid," Jelasnya.

    " Atas pungutan yang dilakukan oleh pihak SD N 018 tersebut saya tidak kecewa, tetapi yang saya kecewakan adalah, kenapa pihak kepala sekolah dan pihak komite sekolah tidak ada mengadakan musyawarah terlebih dahulu terkait permasalahan ini, kalau ada musyawarah, ya kami sebagai wali murid mau mengikuti musyawarah dan aturan yang telah disepakati," Paparnya.

    Lanjutnya," kenapa di sekolah-sekolah lain seperti Sekolah Dasar Negri 015 Kepenghuluan Balam Sempurna Kec. Balai Jaya tidak ada melakukan pungutan uang ganti sampul raport baru, kok malah di Sekolah Dasar Negri 018 Kel. Balai Jaya Kota ada melakukan uang pungutan, apalagi uang pungutan sebesar itu cukup memberatkan kami sebagai wali murid," tegasnya.

    " Untuk pungutan uang sampul ganti raport baru yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Dasar N 018 mulai dari anak kelas Sati (1) dikenakan biaya Rp. (85.000,) Rupiah, dan untuk anak kelas Empat (4) dipungut biaya Rp. (75.000,) Rupiah. " Apabila uang sampul raport ini tidak dibayar, ya pihak sekolah tidak akan memberikan raport anak kita," Ungkapnya.

    Sebelumnya telah dijelaskan melalui Peraturan Mendikbud No. 75 tahun 2016 tentang komite sekolah pada pasal ayat 10 (2) tentang penggalangan dana dan sumber daya pendidikan berbentuk sumbangan bukan pungutan.

    Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir Khairul S.Pd saat dikonfimasi awak media melalui Handphone Selulernya mengatakan,"saya tidak mengetahui kalau ada kutipan untuk  pengatian sampul Raport Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 018 dengan Nilai Rp. (85.000,) Rupiah sampai Rp.(75.000,) Rupiah," Jelas Khairul Spd.

    Sementara Kepala Sekolah Dasar Negeri  018 Kel. Balai Jaya Kota Umira SPd saat dikonfirmasi juga Via Handphonnya dengan nomor 0813XXXX9500 diangkat oleh seseorang yang mengaku Guru di sekolah tersebut dengan mengatakan alasan yang cukup aneh," maaf pak ibu Kepsek ada urusan diluar dan Handphone nya ketinggalan jadi saya yang angkat," Ucapnya.

    Saat dipertanyakan terkait kutipan tersebut kepada oknum yang mengaku guru tersebut soal kutipan penggatian sampul raport, guru tersebut menjawab seakan tidak mendengar pertanyaan tersebut seakan akan ada Gangguan jaringan dengan ucapan," Halo pak..halo pak itu saja," sembari menutup teleponnya.





    Editor: Toni Octora.

    Post Bottom Ad