• Breaking News

    Banjir Part Ke II Kabupeten Kuantan Singingi


    KUANSING - Semenjak tiga hari terakhir curah hujan semangkin tinggi terlebih di Kabupaten Kuantan singingi ditambah lagi banjir kiriman dari Kabupaten Sijunjuang Sumatra Barat,daerah yang di tampung melalui Pintu Batu, yang menyebabkan dataran rendah dialiri Batang Kuantan mulai Daerah Kecamatan HuluKuantan sampai di Hilir Kecamatan Cerenti dengan ketinggian air setinggi leher orang Dewasa.

    Baru sekitar dua minggu terakhir banjir Part yang pertama (I) ini berlalu,tiba pula banjir Part yang ke dua (II)banjir kali ini lebih tinggi dari yang pertama,aktifitas Warga lumpuh total bahkan menyebankan petani Padi terancam gagal panen.
    Saat di konfirmasi Kepala Desa Pulau Sipan Aprizal Kecamatan Inuman sangat menyangkan Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosialnya,sampai saat ini Desanya belum ada perhatian Khusus dari pemerintah Kuansing mulai dari banjir Part pertama,pasalnya Daerah Pulau Sipan ini termasuk Daerah Desa terendah di Kabupaten Kuantan Singingi.
    Ditambah Aprizal,"Tidak ada lagi di Desa kami yang tampak permukaan tanah yang tidak di genangi air,sementara Warga kami harus mengungsi meninggal rumah untuk mencari bukit yang lebih tinggi,tidak terdapat tenda pengungsian satupun   terlebih anak yang Balita,rasa prihatin saya memang sangat tergugah,tidak ada rasanya keringat yang tidak terkucur lagi berlumba dengan air yang naik derastis cepat ini." tutup Aprizal.

    Sementara dari Usur Upiaka Kabupaten Kuantan singingi Sore (22/12/2019) menghimbau kepada semua Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi'agar tetap waspada Khususnya Masyarakat yang di aliri Batang Kuantan sebab Intensitas Curah hujan masih sangat tinggi baik di luar Daerah Sumatera Barat begitu juga di Kabupeten Kuantan Singingi, agar cepat mengamankan mulai dari surat-surat berharga, ternak dan tidak lupa pula tentunya Anak saudara kita saling bahu membahu.

    Sementara ini kerugian materil belum bisa dapat di pastikan akibat dari meluapnya Air Batang Kuantan mulai dari kecamatan Hulu Kuantan sampai Kecamatan Cerenti 



    Penulis: Wawan S.

    Post Bottom Ad