• Breaking News

    Bupati Bengkalis Resmikan RUMDAT Sakai Melayu Riau





    DURI, BENGKALIS - Sabtu 21 Desember 2019, Bupati Bengkalis Amril Mukminin secara langsung  resmikan Rumah Adat ( RUMDAT ) sekaligus menyerah terimakan Rumah Lembaga Adat Sakai Melayu Riau serta pengukuhan pengurus LAMR Kawasan Bathin 8 dan 5 Sakai periode 2019-2024, Jalan Rangau KM 6,5 RT 01 RW 10 Kelurahan Pematang Pudu.


    Dimana sebelumnya kedatangan rombongan Bupati Bengkalis Amril Mukminin disambut oleh Masyarakat Sakai Khususnya pada Nini Mamak / Datuk suku Sakai yang berada di lokasi acara saat itu.
    Dalam acara tersebut Bupati Bengkalis memberikan tahniah serta apresiasi atas peresmian Rumah Adat Melayu Sakai dan pengukuhan kepada ketua beserta seluruh jajaran pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Bathin 8 dan 5 Sakai (LAMR KB 8 & 5 Sakai) periode 2019-2024.

    “Kami yakin dan percaya, saudara-saudara dapat memegang dan menjalankan amanah ini dengan  penuh tanggungjawab dan lakukan seluruh pekerjaan dengan bersama-sama, serta keberadaan rumah lembaga adat melayu sakai ini dapat menjadi sentral kegiatan adat sakai dan basis kegiatan sosial lainnya demi kemajuan masyarakat sakai riau umumnya,” ujar Bupati Amril Mukminin.

    Bupati Bengkalis juga mengatakan dengan Keberadaan Lembaga Adat Sakai Melayu Riau ini nantinya diharapkan bisa memiliki fungsi mengemban, mengamalkan, memelihara dan membela nilai-nilai luhur adat istiadat serta membela kepentingan masyarakat adat sakai melayu Riau dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

    “Hal tersebut tentunya dapat dijadikan sebagai dasar bagi lembaga adat melayu sakai Riau untuk menyatukan masyarakat melayu sakai dengan berbagai etnis serta suku yang ada di Provinsi Riau ini,” lanjutnya
    Bupati Amril juga menyatakan Lembaga Adat Melayu Sakai Riau kedepannya harus berkontribusi positif sebagai mitra pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial dan pembangunan di daerah ini.

    “Harapan kami lembaga adat melayu sakai Riau ini dapat menjadi lembaga dengan kearifan lokalnya dapat menjaga kerukunan dan persatuan semua puak, suku, ras dan agama, serta senantiasa dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat agar terhindar dari segala gesekan, kepentingan pribadi dan golongan tertentu di tanah melayu ini,” harapnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Camat Mandau Riki Rihardi, dengan diresmikannya rumah adat suku sakai ini jangan jadikan hanya sebagai untuk tempat tidur tetapi jadikan rumah suku adat ini sebagai tempat berinovasi, berinteraksi dan beraktifasi untuk membangun negeri yang kita cintai ini.

    “Saya selaku Camat Mandau menghaturkan hormat dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Bengkalis semoga bapak selalu dalam lindungan Allah SWT dan terus membangun untuk negeri yang kita cintai ini,” ucapnya.

    Dalam acara tersebut Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Riau Iwandi, ketua DPH LAMR Provinsi Riau Datuk Syahril Abu Bakar l, ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H. Khairul Umam, ketua TP-PKK kabupaten Bengkalis Karmarni Amril,  Asisten II Heri Indra Putra, Kapolsek Mandau Arvin Hariyadi, Danramil atau yang mewakili, ketua TP-PKK Kecamatan Mandau Dewi Asdinar, sekcam Mandau, ketua LAMR Mandau Revolaisya, Lurah se-Kecamatan Mandau, kepala UPT se-kecamatan Mandau serta tamu undangan lainnya.


    Penulis : Ali

    Post Bottom Ad