• Breaking News

    Dinsos Dumai Gelar Acara Malam Puncak Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019

    Kepala Dinas Sosial Kota Dumai
    Hasan Basri, S.Kom


    DUMAI - Hasan Basri, S.Kom selaku Kepala Dinas Sosial Kota Dumai pada 14 Desember 2019 beserta jajarannya menggelar acara Malam Puncak Peringati Hari Pahlawan 2019 dan Bulan Seni Rakyat Edisi ke 47 dihalaman Kantor Dinas Sosial.

    Acara ini turut dihadiri, Forkompimda Kota Dumai, Kepala OPD Kota Dumai, Kepala Sekolah, Guru dan anak-anak didik se Kota Dumai
                                   
    Sebelum acara malam puncak ini digelar, Dinsos Dumai terlebih dahulu menggelar berbagai perlombaan yaitu, Lomba Baca Puisi kepahlawanan untuk tingkat SLTP se Kota Dumai dengan peserta yang ikut berlomba sebanyak 31 peserta. Lomba Video pendek kepahlawanan untuk tingkat SLTA yang diunggah di youtube dan diikuti sebanyak 18 video.
    Kedua kegiatan lomba ini mengambil tema yang sama dengan tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”.

    Acara ini digelar Dinsos Dumai guna mengingat Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

    Hal ini disampaikan Hasan Basri, S.Kom dalam kata sambutannya, Kami dari Dinas Sosial sesuai dengan tupoksi yang ada berupaya untuk menumbuhkan kembali semangat kepahlawanan didalam diri generasi muda Kota Dumai khususnya kepada anak-anak didik kita tingkat SLTP dan SLTA, dengan harapan anak-anak kita bisa menjadikan sejarah sebagai pembelajaran untuk menemukan pengetahuan baru dan inovasi-inovasi untuk membangun Indonesia dan Kota Dumai khususnya menjadi lebih baik.
    Kepada anak-anak kami mari kita renungkan bersama sebuah ungkapan, “Mengenal sejarah memang penting. Akan tetapi membuat sejarah jauh lebih penting.” Sebagai generasi penerus sudah seharusnya berlomba-lomba untuk membuat sejarah yang bisa mengharumkan Indonesia.

    Dan semoga tetap diingat pesan Presiden Soekarno yang mengatakan, “Janganlah sekali-kali meninggalkan sejarah”.

    "Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada panitia dan seluruh rekan-rekan dari penggiat seni Bulan Seni Rakyat (BUSER) atas jerih payah dan kerja sama yang baik sehingga terselenggaranya acara pada malam hari ini," ucap Kadis Sosial.
               

    Kadis Sosial juga menyampaikan, bahwa Bulan Seni Rakyat (BUSER) memang luar biasa dan menurut kami ini juga merupakan cerminan nyata dari thema AKU PAHLAWAN MASA KINI. Para rekan-rekan BUSER secara konsisten sudah lebih dari 4 tahun terus menyelenggarakan penampilan kreativitas anak-anak muda yang mempunya bakat seni secara swadaya dan swakelola, ini merupakan hal yang positif dan membanggakan serta perlu kita dukung keberlangsungan nya.

    "Mudah-mudahan kedepan kerja sama yang baik ini tetap terjaga dan BUSER Kota Dumai menjadi  semakin sukses dan mendapat dukungan dari berbagai pihak," ujarnya.

    Lanjut Hasan Basri, Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa.

    Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata Internasional.Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

    Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain.

    Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju. Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

    "Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. Sekali lagi jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri." ucap Kepala Dinas Sosial Hasan Basri, S.Kom.

    Lanjutnya,"Pahlawan Nasional kita Ibu Kita Kartini, berjasa memperjuangkan emansipasi, jadilah Pahlawan Masa Kini dengan prestasi yang membanggakan negeri." tandasnya.
    Pada malam itu juga, Kadisos menyerahkan hadiah kepada peserta pemenang lomba. Kategori Lomba Baca Puisi kepahlawanan untuk tingkat SLTP dimenangkan Juara Pertama Cyka Srihana Humaera Siswi SMP IT Plus Basma dengan hadiah Rp.1.500.000. Juara Kedua dimenangkan Said Gilang Budiman Siswa SMPN 20 Dumai dengan hadiah Rp.1.250.000, dan Juara Ketiga Mukhlis Miftahul Insan Siswa SMPN 20 Dumai dengan hadiah Rp.1.000.000.
    Setelah itu dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang peserta Lomba Video pendek kepahlawanan untuk tingkat SLTA/SMK yang diunggah di youtube, dimenangkan Juara Pertama oleh SMKN 2 Dumai dengan hadiah Rp.1.500.000. Juara Kedua oleh SMAN Binsus Dumai dengan hadiah Rp.1.250.000. Juara Ketiga dengan hadiah Rp.1.000.000. Dan Juara Keempat dengan hadiah Rp.1.000.000.





    Penulis: Budi

    Post Bottom Ad