• Breaking News

    Mengenal Sosok Bang Del dan Keluarganya Sang Bacalon Wako Dumai


    DUMAI - Panggilan BANG DEL bagi Delyuzar Syamsi, bukan panggilan musiman. Sebutan itu telah populer saat beliau bertugas di BNI, BNI Syariah, Bank Muamalat, dan saat kini di BNI Syariah, kampus, serta dalam berbagai pergaulan.

    Ia anak pertama dengan  5 adik kelahiran Medan yaitu Desi Anggraini (bidan dan perawat di Torgamba bersuamikan Batak, karyawan perkebunan), Deliarni Afrida (ibu rumah tangga, Batam), Delviani Afianti (ibu rumah tangga, bersuami Melayu di Pekanbaru), Deliana Farida (di Jakarta, setelah hampir 20 tahun bermukim di Belanda, bersuamikan Betawi seorang ustad alumni Al Azhar, pernah belasan tahun dakwah di Eropa dan dua tahun di Korea Selatan), Dedi (karyawan swasta di Medan, beristerikan perempuan keturunan Cina). Sedangjab adiknya yang 5 orang lagi kelahiran Dumai adalah Syamsualita (almarhumah), Fatimah Zahara (domisili di Jakarta, bersuamikan Jawa dan pilot Air Asia), Syamsurizal (wiraswasta di Dumai, beristerikan wanita Jawa Melayu, bertugas di RSUD Dumai), Rodiah (guru di Dumai, bersuamikan Melayu), dan Zulfahmi (tentara, bertugas di Bukittinggi, beristerikan wanita Aceh).
    Bang Del sendiri beristerikan Lili Afdalia, alumni fakultas ekonomi USU yang bapaknya Melayu (almarhum, dulunya dosen USU) dan beribukan Batak Aceh, boru Panjaitan). Ia punya seorang adik ipar Akmalia Zain (arsitek S2 ITB, telah 15 tahun bermukim di Dubai sebagai tenaga ahli di departemen transportasi dan ikut bertanggung jawab dalam berbagai proyek transportasi modern di Uni Emirat Arab, bersuamikan ahli teknologi informasi alumni ITB berdarah Jawa Minangkabau) dan Mirwan Fadli (wiraswasta, berdomisili di Medan beristerikan wanita Minangkabau).

    Beliau dikarunia seorang puteri yang cerdas, Nabiila Katsum Ulayya (saat SMA ikut kelas akselerasi 2 tahun, tamat cumlaude dari Universitas Diponegoro, meski dulunya di terima di UGM dan undangan di Politeknik UI). Saat ini bekerja di perusahaan pemasok ayam di Charonphokpan, Banten dan bersuamikan lelaki asal Pariaman, alumni ITB yang berkarir di anak perusahaan Krakatau Steel, Cilegon. Anak bungsunya Muhammad Tsaqif Amaanullah saat ini masih duduk di kelas 2 SMA. 

    Orang tua Bang Del yakni H. Husin Hamid (kelahiran Batu Panjang, adik tuan tanah Dumai H. Bachterim, si pemilik Bukit Bachterim) masih berdomisili di ujung Gang Taufik, Pasar Senggol masih hidup berusia 87 tahun dan ibunya Hj. Aminah yang berumur 81 tahun (keturunan Minangkabau dan Batak).

    Saat ini Bang DEL tengah bersilaturahmi dengan keluarga besarnya yang ada di Bagan Besar (ayah Abdul Kasim adalah sepupu neneknya),  Pelintung, Sungai Sembilan, hingga ke Tanjung Kapal dan Batu Panjang. Selain itu juga tetap menjalin hubungan silaturahim dengan berbagai kalangan di kampung sendiri.

    Demikian selintas catatan yang tersisa dari obrolan dengan Bang Del, Anak Pasar Senggol. Sukses selalu dan sangat tepat untuk memimpin dan memajukan Dumai.

    Post Bottom Ad