• Breaking News

    Modal Nekad Dan Keyakinan Plus Uang 300 Ribu " Ruslan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Melalui Usaha Kecilnya

    Modal Nekad Dan Keyakinan Plus Uang 300 Ribu " Ruslan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Melalui Usaha Kecilnya



    BHATIN SOLAPAN - Kerasnya paksaan Zaman memuat Ruslan (40) Putra tertua dari Lima Bersaudara Pasangan Katiman (ayah) dan Salbiah (ibu) ini memilih membuka Usaha kecil - kecilan untuk menyambung hidup demi mencukupi kebutuhan sehari - hari.

    Kepada awak media saat dijumpai di Tempat Usahanya pada Selasa pagi (17/19) sekitar pukul 08.00 Wib, menceritakan awal mula dirinya memilih usaha Gula Merah yang dirintis nya mulai tahun 2011 silam

    Kepada Wartawan Anak Kelahiran Desa Gunung Serawan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatra Utara ( Sumut ) ini mengawali usahanya dengan Modal yang sangat minim (kecil) sebesar Rp.300.000 ( Tiga Ratus Ribu Rupiah ) ditambah Rasa Nekadnya serta Keyakinan bahwa suatu saat usahanya ini akan berhasil dan berjalan lancar.

    " Ya memang benar , lantaran ingin berdikari sendiri , Maka dengan modal Modal Nekad serta Keyakinan plus Uang Tiga Ratus Ribu Rupiah ini saya mencoba mengawali Usaha Gula Merah yang Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan ," Tutur Ruslan Warga KUD RT 01 RW 08 Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis.

    " Ya namanya usaha kalau tak diyakini dan dikerjakan dengan telaten maka semua pasti macet ( tak berkembang ), seperti kata orang tua - tua dahulu kalau orang Usaha ini kuncinya ya Giat dan Berdoa pasti Insyaallah Sukses ," Ucap bapak dua orang anak ini dengan senyum kecilnya .

    " Memang sih terkadang Usaha saya juga pasang surut ,Kalau beberapa tahun yang lewat sempat sampai 300 kilogram per hari sekarang paling 200 kilogram perhari gula merah yang bisa saya cetak / buat , Karena minimnya Modal ," Imbuhnya.

    " Kalau untuk modal sekali pemasakan (1 kuali cetak ) gula merah berkisar Rp.1.200.000 ( Satu Juta Dua Ratus Rupiah ) yang nantinya sesudah dicetak kecetakan Gula Merah akan menjadi 112 Kg gula Merah siap dipasarkan ," Jelasnya.

    " Kalau penjualan 1 Kg Gula Merah sekitar Rp.14.000 ( Empat Belas Ribu Rupiah )," Tambahnya.

    " Tapi mau gimana lagi sedikit - sedikit lama - lama jadi bukit , yang jelas disyukuri aja dan semoga aja akan lebih berkembang nantinya ,Siapa tau pula ada Investor atau bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk penambahan Modal Usaha milik saya ini , Cetusnya penuh harap.

    Setelah selesai berbincang -  bincang tentang Usaha Gula Merah miliknya, kemudian Ruslan pun menawari Awak Media untuk mencicipi Gula Merah buatannya yang rasanya sungguh manis sekali.

    Dimana selanjutnya sebelum mengakhiri perbincangan dengan pengusaha Gula Merah ini , Awak Media mengambil beberapa Foto Usaha Gula Merah yang digeluti warga desa Petani ini.

    Pantauan Awak Media dilapangan menyebutkan  bahwasanya selain menjadi Usaha Kecil - Kecilan ( Home Industri ) usaha milik Ruslan ini ternyata dinilai sangat bermanfaat karena setidaknya dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain , Seperti yang terlihat di lokasi kerja adanya satu orang Karyawan ( Anggota Kerja ) yang membantunya bekerja mencetak gula merah yang nantinya akan diantarkan kepada para pelanggan setianya.

    Tak lupa pula Warga Desa Petani ini juga meminta agar kiranya dengan terbitnya berita ini nantinya bisa dibaca oleh para Petinggi / Pemimpin khususnya para Anggota DPRD dan Bupati Bengkalis beserta Jajarannya supaya dapat  menyempatkan sedikit waktunya untuk datang berkunjung serta memberikan solusi tentang Kelanjutan Usaha Gula Merah miliknya yang saat ini sedang pasang - surut akibat kurangnya Modal Usaha.

    Setelah usai berbincang - bincang dan mengabadikan beberapa dokumentasi foto, Koordinator Wilayah Provinsi Riau Media Online Erapublik.com ini pun berpamitan kepada pemilik Usaha Gula Merah tersebut .


    Penulis : Ali

    Post Bottom Ad