• Breaking News

    Riwayat Sosok Bang Del Bacalon Wako Dumai

    Delyuzar Syamsi
    Bacalon Wako Dumai 2020

    DUMAI - Lelaki dengan sapaan akrab BANG DEL ini merupakan putera  Dumai. Anak pertama dari 11 orang bersaudara, berayahkan Husin Hamid (87 thn) seorang banker di Medan dan ibunya Aminah (81 thn), guru SD (keduanya masih hidup di Dumai). Kakeknya Abdoel Hamid (meninggal 1975) merupakan penghulu pertama di Batu Teritib, Basilam. Beliau kut membuka serta mengembangkan Kota Dumai, Tanjung Kapal, dan Batu Panjang bersama salah satu anaknya yakni H. Bachterim (pemilik Bukit Bachterim). 
    Menyelesaikan sekolah  di SD 5 Karang Anyer dan sempat di SMP Bukit  Jin. Lalu merantau ke Padang sejak kelas 2 di SMP2 Padang, SMA1 Padang, menyelesaikan jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Dan terakhir Master of Business Administration di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajahmada.
    Jejaknya di SD Karang Anyer sering menjadi juara kelas dan aktif dalam olahraga volley ball, bulutangkis, senam pagi, tenis meja, sepak bola, dan gerak jalan (juara 1 Kota Dumai). Sewaktu SMP di Bukit Jin aktif menjadi pemimpin redaksi majalah dinding Taman Karya. Saat di SMP 2 Padang aktif dalam kegiatan paduan suara dan menggambar (juara harapan lomba lukis se-Sumatera Barat, 1978)
    Bang DEL mulai menapaki jadi aktifis sebagai Sekretaris Umum OSIS SMA1 Padang dan anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sumatera Barat. Semasa kuliah menjabat Sekretaris Komisi Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Ekonomi Universitas  Andalas, Pengurus Kopma Fekon Unand,  Komisariat HMI Padang, Panitia Kongres Nasional HMI ke-16 di Padang (1985), Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas  Andalas, Fasilitator Jambore Nasional Kependudukan ke-14  di  Padang (1985), dan Wakil Sekretaris KNPI Kotamadya Padang.
    Budak Dumai ini juga memiliki cacatan jurnalistik dan karya tulis ilmiah antara lain redaktur Media SMA1 Padang (majalah sekolah terbaik, Sumbar 1982), juara I LKTI IPS UNAND (1987), juara II LKTI Bidang IPS Kotamadya Padang (1987), juara I LKTI IPS Sumatera Kalbar di Universitas Jambi (1987), juara III LKTI Mahasiswa Tingkat Nasional di Universitas Indonesia (1988), juara II LKTI IPA Universitas Andalas (1988), juara Harapan 2 (86 peserta) LKTI  Lingkungan se-Indonesia di IPB Bogor (1089).
    Selain itu pernah pula menjadi reporter Majalah Kiblat dan Estafet (Jakarta), dwimingguan Eksponen (Yogyakarta, 1990), pemimpin redaksi Koran Genta Andalas (1990), juara I Karya Tulis HUT BNI ke-56, juara Harapan ke3 Artikel Bank & Manajemen (2005).
    Sang perantau pernah pula menulis di berbagai harian yakni Singgalang, Semangat, Haluan (terbitan Padang), Waspada (Medan). Banjarmasin Post (Banjarmasin), Republika, Investor Daily (Jakarta), Majalah Bank dan Manajemen, mendirikan Buletin Blitz BNI Card Center, Buletin IMSYAKI BNI Syariah Malang, serta Dewan Redaksi Muamalat Magazine dan Buletin Ukhuwah BNI Syariah.
    Ia juga pernah terlibat pencitraan lewat Grup Teater SMA 1 Padang (Juara III Festival Teater se-Padang), Tim Tari SMA 1 Padang (Juara I Festival Tari Tradisional se-Padang), Grup Tari Indojati (Pekan Seni se-Sumatera III di Medan, 1981), Tim Kesenian Sumatera Barat, MTQ Nasional ke-12 di Aceh (1981), Tim Tari Universitas Andalas (Juara Umum Lomba Tari Perguruan Tinggi Sumatera dan Kalbar di Palembang (1986), Tim Tari Universitas Andalas pada Festival Tari Sumatera dan Kalbar di Banda Aceh (1989), serta Juara Cipta Logo Kerukunan Keluarga Bersama BNI (2000)
    Sang Perantau Bang DEL juga aktifis pemuda kaliber internasional karena pernah mewakili Indonesia dalam pertukarapan Pemuda ASEAN Jepang (Ship for Southeast Asian Youth Program, 1989) dan wakil Indonesia Wakil Indonesia dalam the 21th Century Renaissance Youth Leaders Invitation Program 2001 di Tokyo dan Okinawa (diikuti oleh 169 peserta dari 38 negara yang membahas informasi teknologi, pendidikan.

    Post Bottom Ad