• Breaking News

    Sampah Menumpuk & Berbau " PemDes Bersama Dinas Pasar Dan Kebersihan Dinilai Kurang Tanggap Kebersihan Lingkungan




    DURI - Aroma bau yang tak sedap terpaksa harus dihirup para pengendara kendaraan bermotor yang melintasi Areal Tumpukan Sampah di Jalan Siak -Duri.

    Dimana tumpukan sampah tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap dan pastinya menjadi sarang wabah penyakit yang bisa saja mengancam kesehatan para pengguna jalan khususnya masyarakat setempat.

    Namun anehnya tumpukan sampah di Jalan Siak ini seakan tak mendapatkan sorotan yang serius baik dari pemerintah setempat maupun Dinas Pasar Dan Kebersihan Kecamatan Mandau.

    Hal ini tentulah menimbulkan pertanyaan dibenak para Insan Pers ,dimana seharusnya  Kebersihan Lingkungan harus dijaga bahkan nampaknya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang denda membuang sampah sembarangan telah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)

    Padahal di dalam Perda Bengkalis Nomor 2 Tahun 2015 tersebut sangat jelas diterangkan bahwa Perda ini memuat tentang hak dan kewajiban Pemerintah Daerah dan masyarakat tentang pengelolaah sampah, serta sanksi admininstrati dan pidana terhadap warga yang melanggar aturan.


    Tapi peraturan tersebut diduga kurang terealisasikan atau dijalankan dengan benar ,Dimana diketahui beberapa titik di Kawasan Kota Minyak ( Duri ) masih banyak tumpukan - tumpukan sampah berbau yang dampaknya dikhawatirkan akan berimbas pada kesehatan Masyarakat.

    Kepada Awak Media , Dtk . Sri Alizamril selaku Panglima Besar  Rumpun Melayu Bersatu Laskar Hulu Balang Melayu Riau (RMB - LHMR) melalui Dtk Syaparuddin Sape selaku Sekretaris Wilayah ( Sekwil ) RMB - LHMR yang saat itu turun langsung bersama Awak Media di Lokasi Tumpukan Sampah di Jalan Siak pada Kamis,05 Desember 2019, Mengatakan bahwa dirinya sangat menyayangkan kurangnya perhatian dari Pemerintah Desa Setempat khususnya Upt Dinas Pasar dan  Kebersihan Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis terkait Kebersihan lingkungan.

    Ditambahkannya , peninjauan Lokasi Tumpukan Sampah tersebut sesuai dengan laporan dari Masyarakat serta para pengguna Jalan yang merasa resah akibat aroma bau tak sedap apabila melewati lokasi tersebut .

    Sekwil Riau RMB-LHMR ,mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya warga setempat agar bisa menjaga Kebersihan lingkungan dan bersama - sama melakukan pengawasan terhadap orang tak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarang / tidak pada tempatnya supaya dapat ditindak tegas terkait perbuatan pencemaran lingkungan yang dikhawatirkan akan dapat menjadi tempat bersarang  maupun berkembang biak bibit penyakit khususnya Nyamuk Demam Berdarah.


    Selain itu dirinya juga meminta kepada Pemerintah Desa Setempat khususnya Dinas Pasar dan Kebersihan Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis agar segera tanggap akan hal ini sehingga setidaknya ada  Pembuanganpenambahan Tempat Sampah Sementara yang diletakkan di seputaran jalan Siak serta melakukan pengawasan dilapangan agar Perda terkait Sampah bisa berjalan dan terealisasikan dengan benar.



    Penulis: Ali

    Post Bottom Ad